Penulis Utama : Nimas Ajeng Megaswari
NIM / NIP : K7514042
×

ABSTRAK

Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui  (1)   peranan  yang dilakukan oleh BKK SMK N 4 Klaten dalam membantu penempatan kerja bagi  lulusannya  (2)  hambatan  yang  dihadapi  SMK  N  4  Klaten  dalam membantu penempatan kerja bagi para lulusannya (3) upaya yang dilakukan oleh BKK SMK N 4 Klaten dalam membantu penempatan kerja pada dunia usaha dan industri bagi para lulusannya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis penelitian  studi  kasus.  Data  yang digunakan  berupa  data  primer  dan  data sekunder. Sumber data meliputi informan, aktivitas lokasi penelitian, dan dokumen. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik Purposive Sampling dan Snowball Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan analisis dokumen. Uji validitas data menggunakan
trianggulasi  data  dan  trianggulasi  metode.  Analisis  data  yang  digunakan adalah teknik analisis interaktif dimana reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) peranan BKK SMK N 4
Klaten dalam membantu penempatan kerja bagi lulusannya  antara lain (a) Melakukan pendekatan dengan perusahaan/instansi tempat Praktek Kerja Industri (b) Mencari informasi lowongan pekerjaan melalui Disnaker, perusahaan-perusahaan dan BKK SMK lain (c) Melakukan kunjungan perusahaan dan penawaran tenaga kerja (d) Bekerjasama dengan PJTKI (e) Pemberian bimbingan karir kepada siswa (f) Pendataan pencari kerja yang telah menyelesaikan pendidikan (2) hambatan BKK SMK N 4 Klaten dalam membantu penempatan kerja ke DUDI bagi para lulusannya antara lain (a) Terbatasnya tenaga yang dimiliki oleh pengelola BKK. (b) Kurangnya perhatian dari pihak sekolah terhadap keberadaan BKK SMK N 4 Klaten. (c) Harapan dari siswa SMK N 4 Klaten tentang kerja. (d) Masih sulitnya Bursa Kerja  Khusus  SMK  N  4  Klaten  dalam  kegiatan  pendataan  penelusuran tamatan. (e) Lowongan kerja yang ditawarkan tidak sesuai dengan kompetensi lulusan. (f) Keterbatasan kewenangan BKK SMK N 4 Klaten. (3) Upaya BKK SMK N 4 Klaten Mengatasi Hambatan dalam Membantu Penempatan Kerja ke DUDI bagi Para Lulusannya antara lain (a) Memilih guru BP untuk membantu   segala   pekerjaan   di   BKK   (b)   Menarik   biaya   administrasi pembuatan  kartu  kuning  (c)  Memberkan  bimbingan  karir  (d)  Mencari informasi lowongan kerja dari Disnaker, perusahaan-perusahaan dan BKK SMK lain. (e) Mengadakan kunjungan perusahaan dan pendekatan dengan perusahaan dengan cara prakerin. (f) Menjalin kerjasama dengan PJTKI.

Kata Kunci: peranan, bursa kerja khusus, penempatan kerja

 

×
Penulis Utama : Nimas Ajeng Megaswari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7514042
Tahun : 2018
Judul : Peranan Bursa Kerja Khusus (Bkk) dalam Membantu Penempatan Kerja pada Dunia Usaha dan Dunia Industri (Dudi) di SMK N 4 Klaten Tahun Ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prog. Studi Adminitrasi Perkantoran- K7514042-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Wiedy Murtini, M. Pd
2. Drs. Sutaryadi, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.