Penulis Utama : Dimas Rizky Putranto
NIM / NIP : D0414020
×

ABSTRAK

Kebijakan pariwisata halal merupakan kebijakan yang menerapkan beberapa ketentuan dalam syariah Islam baik dalam bentuk wisata halal, makanan halal, maupun tempat ibadah. Korea Selatan merupakan negara yang bukan mayoritas penduduknya beragama muslim. Namun pada tahun 2015, Korea Selatan mulai mengembangkan kebijakan pariwisata halal guna meningkatkan kunjungan wisatawan muslim Asia Tenggara ke Korea Selatan. Dalam melakukan penelitian ini, penulis menggunakan konsep Halal Tourism dari Mohamed Battour dan Mohd Nazari Ismail serta konsepNation Branding dari Keith Dinnie.  
Penelitian ini mengambil rumusan “Bagaimana Kebijakan Halal Tourism dapat meningkatkan Kunjungan Wisatawan Muslim Asia Tenggara ke Korea Selatan?.Penelitian ini menghasilkan bahwa peningkatan wisatawan muslim yang terjadi di Korea ditengarai oleh beberapa faktor diantaranya adalah Hallyu Korea itu sendiri yang berupa K-Pop, K-Drama, dan makanan Korea. Selain itu juga faktor pendukung lainnya yaitu dengan adanya infrastruktur yang terus ditingkatkan oleh Pemerintah Korea Selatan seperti tempat ibadah, gerai makanan halal, dan wisata halal. Hal-hal lainnya yang dapat mendukung peningkatan wisatawan muslim di Korea adalah Pemerintah Korea Selatan tak lupa untuk selalu mengadakan Halal Restaurant Weeksetiap tahunnya.  

Kata kunci:Pariwisata halal, Korea Selatan, Hallyu Korea, Asia Tenggara

 

×
Penulis Utama : Dimas Rizky Putranto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0414020
Tahun : 2018
Judul : Penerapan Kebijakan Halal Tourism untuk Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Muslim Asia Tenggara di Korea Selatan Tahun 2015-2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2018
Program Studi : S-1 Hubungan Internasional
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP-Jur. Hubungan Internasional-D0414020-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Andrik Purwasito, DEA
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.