Penulis Utama : Christian Adi Pratama
NIM / NIP : K4314017
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kemampuan PCK guru dengan menggunakan instrumen Content Representations pada materi sistem pencernaan di SMA N 1 Sragen. Penelitian dilakukan berdasarkan permasalahan yang ada di Kabupaten Sragen dan sekolah pada umumnya. Penelitian dilakukan menggunakan metode penelitian kualitiatif dengan pendekatan Basic Interpretative Studies yaitu dengan menggabungkan beberapa metode untuk mendapatkan data.
Populasi penelitian adalah guru SMA N 1 Sragen dan sampel yang dipilih adalah dua orang Guru Bidang studi Biologi dengan teknik pengambilan purposive sampling, yaitu teknik pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan dan tujuan tertentu. Pengumpulan data dilaksanakan dengan wawancara serta analisis dokumen menggunakan instrumen Content Representations. Analisis data menggunakan model interaktif terdiri atas empat, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan tahap penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian meliputi tahap persiapan, yaitu menyusun rancangan penelitian, memilih tempat penelitian, dan mengurus perizinan. Tahap pelaksanaan, yaitu tahap menganbil data dilapangan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahap analisis data dengan model analisis interaktif, yaitu mendeskripsikan sebagai suatu pembahasan yang runtut, sistematis dan terbentuk suatu laporan hasil penelitan.
Hasil penelitian berupa data profil kemampuan PCK guru di SMAN 1 Sragen sebagai berikut: Pertama, kemampuan PCK tergolong baik dengan nilai 78 dan 81. Kedua, Konsep yang diajarkan kedua guru dalam mengajarkan materi sistem pencernaan telah memfasilitasi kebutuhan konsep yang terdapat pada kurikulum. Kedua guru menganggap bahwa konsep penting diajarkan karena nilai praktisnya dalam kehidupan sehari-hari. Kedua guru telah mampu menentukan batasan konsep yang berupa pendapat ahli tentang konsep pencernaan serta struktur enzim. Keterbatasan yang dialami kedua guru adalah keterbatasan praktikal dan keterbatasan yang berasal dari peserta didik. Faktor yang mempengaruhi guru dalam mengajar adalah tendensi konsep akan keluar saat ujian dan kasus yang terjadi di lingkungan sekitar. Pengajaran sistem pencernaan di SMAN 1 Sragen dilakukan dengan model ajar Discovery Learning dan Inquiry. Evaluasi yang dilakukan oleh guru terdiri dari tes tulis, tugas sekolah, serta tes non-tulis. Ketiga, kelebihan yang dimiliki oleh guru SMAN 1 Sragen adalah pelatihan berfikir kritis, sementara kekurangan kedua guru terletak pada redaksi penulisan RPP.

 

×
Penulis Utama : Christian Adi Pratama
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4314017
Tahun : 2018
Judul : Profil Kemampuan Pedagogical Content Knowledge (PCK) Guru menggunakan Content Representation (CoRes) pada Materi Sistem Pencernaan Di SMA Negeri 1 Sragen
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Biologi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Biologi-K4314017-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Joko Aryanto, S.Si., M.Si.
2. Alanindra Saputra, S.Pd. M.Sc.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.