Penulis Utama : Destri Sambara Sitorus
NIM / NIP : S991702004
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji 1) kelayakan e-module akuntansi perusahaan jasa terintegrasi nilai karakter sebagai media pembelajaran akuntansi, 2) keefektifan e-module akuntansi perusahaan jasa terintegrasi nilai karakter untuk meningkatkan tanggung jawab dan kejujuran siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan menggunakan desain 4-D (Four D Model) yang terdiri dari  Define, Design, Develop, dan Disseminate. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 6 Surakarta. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket dan tes. Data yang telah dikumpulkan dianalisis secara deskriptif kuantitatif untuk menguji kelayakan e-module akuntansi perusahaan jasa terintegrasi nilai karakter, uji T test menggunakan paired sample t test dan independent sample t test untuk menguji keefektifan e-module akuntansi perusahaan jasa terintegrasi nilai karakter, serta analisis deskriptif naratif untuk melihat tingkat ketercapaian karakter tanggung jawab dan kejujuran siswa.
Hasil uji coba kelayakan menunjukkan bahwa e-module akuntansi perusahaan jasa terintegrasi nilai karakter layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran akuntansi. Hasil penilaian oleh ahli materi memperoleh skor sebesar 4,66 yang termasuk kategori sangat baik. Hasil penilaian oleh ahli media sebesar 5,00 yang termasuk kategori sangat baik. Hasil penilaian oleh praktisi sebesar 4,00 yang termasuk kategori sangat baik. Hasil uji keefektifan dengan menggunakan software IBM SPSS 22 menunjukkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar yang signifikan antara hasil Pre-test dan Post-test pada kelas eksperimen dengan nilai signifikansi 0,00 < 0,05 serta terdapat perbedaan prestasi belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai signifikansi 0,014 < 0,05. Hasil penilaian angket menunjukkan bahwa terdapat perbedaan karakter jujur dan tanggung jawab sebelum dan sesudah menggunakan e-module akuntansi perusahaan jasa terintegrasi nilai karakter serta terdapat perbedaan karakter jujur dan tanggung jawab antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.

 

×
Penulis Utama : Destri Sambara Sitorus
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S991702004
Tahun : 2018
Judul : Pengembangan E-module Akuntansi Perusahaan Jasa Terintegrasi Nilai Karakter untuk Meningkatkan Tanggung Jawab dan Kejujuran Siswa
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : S-2 Pendidikan Ekonomi
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Ekonomi-S991702004-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Siswandari, M.Stat.
2. Dr. Kristiani, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.