Penulis Utama : Awaliyah Qonita Rahmawati
NIM / NIP : K3114007
×

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan teknik self management untuk mengurangi kecanduan game online pada siswa kelas XI di SMA  Islam  1  Surakarta  tahun ajaran  2017/2018.  Penelitian  ini  menggunakan metode eksperimen yaitu single case experimental design dengan rancangan desainnya adalah desain A-B. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga siswa laki- laki kelas XI SMA Islam 1 Surakarta. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, wawancara, instumen pedoman observasi perilaku kecanduan game onlline dan lembar observasi frekuensi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah  analisis dalam kondisi dan analisis klinis yaitu metode evaluasi subjektif oleh significant other.

Hasil analisis dalam kondisi ketiga subjek penelitian terdapat level perubahan  di  fase  intervensi  dibanding  dengan  fase  baseline. Hasil  dari  data analisis dalam menunjukkan terdapat level perubahan pada subjek RR dengan baseline menunjukkan-2 dan intervensi menunjukkan 2. Sedangkan subjek MIC dengan baseline menunjukkan -2 dan intervensimenunjukkan 0 serta subjek AS dengan baseline menunjukkan -2 dan intervensimenunjukkan 2. Senada dengan hasil analisis dalam tersebut, berdasarkan hasil  analisis klinis oleh  significant other menjelaskan bahwa perilaku kecanduan game online subjek penelitian mengalami perubahan  yaitu menurun. Hal ini dibuktikan dengan usaha ketiga subjek yang berusaha untuk mengurangi frekuensi dalam bermain aplikasi game online. Maka dapat disimpulkan bahwa Teknik self management efektif untuk mengurangi  perilaku  kecanduan  game  online  siswa  kelas  XI  SMA  Islam  1 Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Berdasarkan hasil tersebut. Diharapkan Teknik Self Management dapat dikembangkan oleh peneliti-peneliti selanjutnya supaya menjadi lebih berkembang lagi.

 

×
Penulis Utama : Awaliyah Qonita Rahmawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3114007
Tahun : 2018
Judul : Efektifitas Teknik Self Management untuk Mengurangi Kecanduan Game Online Siswa Kelas XI SMA Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Bimbingan Konseling-K3114007-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Mudaris Muslim, M.Psi.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.