Penulis Utama : Pradita Aprilia Kusumawardani
NIM / NIP : D0414042
×

ABSTRAK

Sebagai dua negara yang memiliki banyak kesamaan, terutama dalam hal kebencanaan, Indonesia dan Filipina memiliki perbedaan yang dalam penanganan bencana di negaranya masing-masing. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melihat adanya pelajaran yang dapat diambil  agar di masa mendatang kebijakan tentang kebencanaan dapat lebih baik.  Konsep studi perbandingan digunakan dalam penelitian ini untuk melihat perbedaan yang ada pada dua negara ketika bencana erupsi gunung api terjadi. Selain itu, peneliti juga menggunakan konsep disaster
management dan konsep implementasi.  
Penelitian ini penelitian komparatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam dan studi pustaka. Wawancara dilakukan bersama Bapak Purwito selaku Kepala Bidang Darurat BPBD Jawa Tengah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan manajemen bencana Indonesia dan Filipina memiliki kemiripan karena keduanya berdasar pada konsep manajemen bencana yang telah ada. Namun ternyata dalam pelaksanaannya masih berbeda. Indonesia masih perlu untuk meningkatkan kesadaran SDM-nya dan juga memperbaiki koordinasi antar bidang agar dapat meminimalisasi jumlah korban seperti Filipina.

Kata Kunci: Manajemen Bencana, Erupsi Gunung Api, Indonesia, Filipina.

 

×
Penulis Utama : Pradita Aprilia Kusumawardani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0414042
Tahun : 2018
Judul : Penanganan Bencana Alam di Filipina dan Indonesia (Studi Perbandingan Gunung Merapi 2010 di Indonesia dan Gunung Mayon 2018 di Filipina)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2018
Program Studi : S-1 Hubungan Internasional
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP-Jur. Hubungan Internasional-D0414042-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Andrik Purwasito, DEA
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.