Penulis Utama : Prasetyo Adi Nugroho
NIM / NIP : E0014315
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan memberikan preskripsi atas permasalahan. Pertama, bagaimana kesesuaian prinsip hukum tanah nasional dengan pengelolaan tanah Hak Pengelolaan di Kota Batam. Kedua, bagaimana hubungan hukum antara Badan Pengusahaan Batam (BP Batam) dengan Ketiga sudah memenuhi aspek keadilan.
Penelitian ini merupakan Penelitian hukum normatif yang bersifat preskriptif dan terapan. Sementara itu, pendekatan penelitian yang diterapkan adalah pendekatan perundang-undangan dan pendekatan konseptual. Jenis bahan hukum primer dan sekunder. Teknik pengumpulan bahan hukum adalah studi kepustakaan. Terkait dengan teknik analisis bahan hukum yang digunakan adalah metode deduksi silogisme dengan menghubungkan premis mayor (aturan-aturan hukum) dengan premis minor (fakta hukum).
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat prinsip-prinsip hukum tanah nasional yang bertentangan dengan realita di lapangan. Terkait dengan hubungan hukum antara BP Batam dengan pihak Ketiga, terdapat permasalahan yang timbul,seperti adanya lahan terlantar di Kota Batam serta terbitnya Sertipikat Hak Milik diatas tanah Hak Pengelolaan Lahan. Apabila di kaji menurut teori keadilan yang dikemukakan oleh Plato, permasalahan tersebut masih bertentangan. Hal tersebut ditunjukan dengan hasil identifikasi dan identifikasi hukum yang dilakukan dengan cara wawancara terhadap BP Batam selaku pemegang Hak Pengelolaan dan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Batam selaku penerbit sertipikat.


Kata Kunci : Hak Pengelolaan, Prinsip Hukum, Keadilan

 

×
Penulis Utama : Prasetyo Adi Nugroho
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0014315
Tahun : 2018
Judul : Eksistensi Hak Pengelolaan Lahan dalam Sistem Hukum Tanah Nasional (Studi di Kota Batam)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.Hukum - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Hukum-Jur. Ilmu Hukum-E0014315-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Lego Karjoko S.H.,M.H.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.