Penulis Utama : Muslimah Sholikah Isnaini
NIM / NIP : S041502012
×

Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui  pelaksanaan pembelajaran anak autis yang mengalami speech delay pada saat ini, bentuk model media pembelajaran dengan menggunakan sensor suara, validitas model media pembelajaran dengan menggunakan sensor suara melalui validasi ahli dan kefektifan model media pembelajaran dengan menggunakan sensor suara untuk meningkatkan kemampuan verbal bagi anak autis yang mengalami speech delay. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan beberapa tahapan penelitian. Subyek pada penelitian adalah ahli media, ahli pendidikan anak autis, ahli tuna wicara, guru autis, dan anak autis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran masih dilaksanakan secara konvensional dan menggunakan media sederhana sehingga terkesan membosankan, pengembangan model media pembelajaran dengan sensor suara terdiri dari aplikasi hardware dan software dan dilengkap dengan buku panduan penggunaan produk, tingkat validitas model media pembelajaran yang dikembangkan termasuk pada kategori baik – sangat baik, dan model media pembelajaran dengan sensor suara menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan verbal pada anak autis yang mengalami speech delay ditunjukkan dengan perolehan nilai baseline (A1) sebesar 0,02-0,08-0,06, nilai intervensi (B) menjadi 0,1-0,25-0,4-0,6-0,6 dan nilai baseline(A2) 0,6-0,6 (stabil).

 

×
Penulis Utama : Muslimah Sholikah Isnaini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S041502012
Tahun : 2018
Judul : Penggunaan Model Media Pembelajaran dengan Sensor Suara untuk Meningkatkan Kemampuan Verbal bagi Anak Autis yang Mengalami Speech Delay
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : S-2 Pendidikan Luar Biasa
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Luar Biasa-S041502012-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Dwi Aries Himawanto, M.T
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.