Penulis Utama : Muntari Dian Nurbaitti
NIM / NIP : K8413050
×

ABSTRAK
    Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui : (1) Hubungan antara Outdoor Learning Method dan prestasi belajar mata pelajaran Sosiologi kelas XI IPS SMA Negeri 2 Boyolali. (2) Hubungan antara Bimbingan Belajar dan prestasi belajar mata pelajaran Sosiologi kelas XI IPS SMA Negeri 2 Boyolali . (3) Hubungan Outdoor Learning Method dan Bimbingan Belajar dengan Prestasi Belajar mata pelajaran Sosiologi kelas XI IPS SMA Negeri 2 Boyolali.
    Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Boyolali,yang berjumlah 113 siswa. Sampel yang digunakan sejumlah 53 siswa diambil dengan teknik simple random sampling. Teknik  pengumpulan data diakukan dengan angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda.
    Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) “Terdapat hubungan antara Outdoor Learning Method dengan prestasi belajar mata pelajaran sosiologi siswa kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial SMA Negeri 2 Boyolali”, diterima, karena r y = 0,490 dan  p = 0,000. (2)“Terdapat hubungan antara bimbingan belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran sosiologi siswa kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial SMA Negeri 2 Boyolali ”, diterima, karena  r y= 0,999 dan p = 0,000. (3) “Terdapat hubungan antara Outdoor Learning Method dan bimbingan belajar dengan prestasi belajar sosiologi siswa kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial SMA Negeri 2 Boyolali”, diterima karena  r table n53= 0,266, dan R hitung 0,999.
Kata Kunci:     Penelitian Kuantitatif, Outdoor Learning Method, Bimbingan Belajar dan Prestasi Belajar.

 

×
Penulis Utama : Muntari Dian Nurbaitti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8413050
Tahun : 2018
Judul : Hubungan Outdoor Learning Method dan Bimbingan Belajar dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Sosiologi Siswa XI IPS SMAN 2 Boyolali
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Sosiologi Antropologi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prog. Studi Sosiologi Antropologi- K8413050-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr Zaini Rohmad M,Pd
2. Atik Catur Budiati, S.Sos, MA
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.