Penulis Utama : Aulia Rizka Widiasti
NIM / NIP : K1313009
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) manakah yang mempunyai prestasi belajar lebih baik  antara siswa yang mendapatkan  model pembelajaran Treffinger atau model pembelajaran langsung pada materi SPLDV; (2) manakah yang mempunyai prestasi belajar lebih baik antara siswa yang memiliki AQ tinggi, sedang atau rendah pada materi SPLDV; (3) pada masing- masing model pembelajaran, manakah yang mempunyai prestasi belajar lebih baik antara siswa dengan AQ tinggi atau sedang atau rendah pada materi SPLDV; (4) pada masing-masing AQ siswa, manakah yang mempunyai prestasi belajar lebih baik antara model pembelajaran Treffinger atau model pembelajaran langsung pada materi SPLDV.
Penelitian  ini  termasuk  jenis  penelitian  eksperimental  semu.  Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Surakarta tahun pelajaran 2017/2018. Sampel yang terpilih adalah kelas VIII E dan VIII F dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain faktorial 2 x 3. Uji coba instrumen dilaksanakan di SMP Negeri 20 Surakarta. Pengumpulan data yang dilaksanakan dengan metode dokumentasi untuk data awal siswa yang berupa nilai ulangan harian siswa pada materi faktorisasi, metode angket untuk data AQ dan metode tes untuk data prestasi belajar pada materi SPLDV. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Kemudian, dilanjutkan dengan uji lanjut pasca anava yaitu uji komparasi ganda dengan metode Scheffe.
Dari penelitian ini diperoleh simpulan,  bahwa (1) model pembelajaran Treffinger menghasilkan prestasi belajar yang sama dengan siswa yang diberi pembelajaran  dengan  model  pembelajaran  langsung  pada  materi  SPLDV;  (2) siswa dengan AQ tinggi menghasilkan prestasi belajar yang sama baiknya dengan siswa dengan AQ sedang, siswa dengan AQ tinggi menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik daripada siswa dengan AQ rendah sedangkan siswa dengan AQ sedang menghasilkan prestasi belajar yang sama baiknya dengan siswa dengan AQ rendah pada materi SPLDV; (3) pada masing-masing model pembelajaran, siswa dengan AQ tinggi, sedang dan rendah menghasilkan prestasi belajar yang sama baiknya pada materi SPLDV; (4) pada masing-masing kategori AQ, model pembelajaran Treffinger menghasilkan prestasi belajar yang sama baiknya dengan model pembelajaran langsung pada materi SPLDV.

Kata kunci : treffinger, adversity quotient (AQ), SPLDV.

 

×
Penulis Utama : Aulia Rizka Widiasti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1313009
Tahun : 2018
Judul : Eksperimentasi Model Pembelajaran Treffinger pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (Spldv) Ditinjau dari Adversity Quotient (Aq) Siswa Kelas VIII Semester 1 Sekolah Menengah Pertama (Smp) Negeri 25 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prog. Studi Pendidikan Matematika- K1313009-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Budi Usodo, M.Pd.
2. Rubono Setiawan, S.Si., M.Sc.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.