Penulis Utama : Desi Fatmawati
NIM / NIP : K1313013
×

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) model pembelajaran mana yang menghasilkan prestasi belajar matematika lebih baik pada materi pythagoras di antara model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan model pembelajaran langsung (2) siswa dengan kecerdasan emosional mana yang mempunyai prestasi belajar matematika lebih baik pada materi pythagoras di antara siswa dengan kecerdasan emosional tinggi, sedang dan rendah (3) pada masing-masing model pembelajaran, siswa dengan kecerdasan emosional mana yang mempunyai prestasi belajar matematika lebih baik di antara siswa dengan kecerdasan emosional tinggi, sedang dan rendah (4) pada masing-masing kategori kecerdasan emosional, model pembelajaran mana yang dapat menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik pada materi pythagoras di antara model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization (TAI) dan model pembelajaran langsung.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimental semu dengan rancangan faktorial 2×3. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Al Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018 yang terdiri dari delapan kelas sebanyak 200 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling dengan mengundi delapan kelas sehingga terpilih dua kelas, yaitu kelas VIII G sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol. Sampel penelitian merupakan siswa yang berasal dari dua kelas tersebut dengan masing-masing kelas terdiri dari 24 siswa pada kelas eksperimen dan 26 siswa pada kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi untuk mengumpulkan data yang berupa data nilai UAS semester ganjil, metode angket untuk data kecerdasan emosional dan metode tes untuk data prestasi belajar matematika siswa pada materi pythagoras. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, kemudian dilakukan uji lanjut pasca anava yaitu uji komparasi ganda dengan menggunakan metode Scheffe. Sebelum analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama dilakukan, data diuji dengan menggunakan uji Liliefors untuk mengetahui normalitasnya dan diuji dengan metode Bartlet untuk mengetahui homogenitasnya.
Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh simpulan sebagai berikut (1) model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) menghasilkan prestasi belajar matematika lebih baik daripada model pembelajaran langsung (2) siswa dengan kecerdasan emosional tinggi mempunyai prestasi belajar matematika yang sama baiknya dengan siswa dengan kecerdasan emosional sedang, sedangkan siswa dengan kecerdasan emosional tinggi dan sedang mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik dari pada siswa dengan kecerdasan emosional rendah (3) pada masing-masing model pembelajaran, siswa dengan kecerdasan emosional tinggi mempunyai prestasi belajar matematika yang sama baiknya dengan siswa dengan kecerdasan emosional sedang, sedangkan siswa dengan kecerdasan emosional tinggi dan sedang mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik dari pada siswa dengan kecerdasan emosional rendah (4) pada masing-masing tingkat kecerdasan emosional, siswa yang dikenai model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) memperoleh prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada siswa yang dikenai model pembelajaran langsung.

Kata Kunci: model kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI), kecerdasan emosional, pythagoras, prestasi belajar matematika.

 

×
Penulis Utama : Desi Fatmawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1313013
Tahun : 2018
Judul : Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (Tai) pada Materi Pythagoras Ditinjau dari Kecerdasan Emosional Siswa Kelas Viii Semester Ganjil Smp Al Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prog. Studi Pendidikan Matematika- K1313013-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Budiyono, M.Sc
2. Yemi Kuswardi, S.Si, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.