Penulis Utama : Ruqoyyah
NIM / NIP : R0214087
×

ABSTRAK.

Latar Belakang : Zat warna Remazol Brilliant Blue R (RBBR) merupakan salah satu zat warna reaktif yang banyak digunakan pada proses pewarnaan di industri batik.  Limbah  cair  hasil  pewarnaan  termasuk  limbah  bahan  Berbahaya  dan Beracun (B3) karena mengandung beberapa logam seperti kadmium (Cd), krom (Cr), serta timbal (Pb). Oleh karena itu perlu dilakukan pengolahan limbah yang salah satunya adalah adsorpsi dengan zeolit  dan karbon aktif tongkol jagung. Tujuan  penelitian  ini adalah  untuk  mengetahui  perbedaan  zeolit,  karbon  aktif tongkol jagung, dan campuran sebagai adsorben zat warna Remazol Brilliant Blue R (RBBR) dalam limbah cair di CV. X.

Metode : Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Sampel adalah limbah hasil pewarnaan dengan Remazol Brilliant Blue R (RBBR) di CV. X. Perlakuan terhadap  limbah  dan  pengukuran  konsentrasi dilakukan  di UPT  Laboratorium Terpadu Universitas Sebelas Maret menggunakan Spektrofotometer UV-Vis. Analisis data menggunakan uji Kruskal-Wallis.

Hasil : Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan konsentrasi akhir Remazol Brilliant Blue R (RBBR) paling sedikit antara dua kelompok dengan nilai  p  =  0,023.  Kelompok  yang  memiliki  perbedaan  yaitu  antara  kelompok kontrol dan zeolit, kontrol dan karbon aktif tongkol jagung, kontrol dan campuran, zeolit dan karbon aktif tongkol jagung, serta karbon aktif tongkol jagung dan campuran. Penurunan konsentrasi Remazol Brilliant Blue R (RBBR) terbesar adalah pada kelompok campuran dengan penurunan konsentrasi sebesar 106,67 ppm atau 26,08%.

Simpulan : Terdapat perbedaan zeolit dan karbon aktif tongkol jagung sebagai adsorben terhadap konsentrasi Remazol Brilliant Blue R (RBBR) dalam limbah cair CV. X. Pengusaha perlu untuk melakukan pengolahan limbah cair yang salah satunya dapat dilakukan dengan adsorpsi menggunakan zeolit 10.000 ppm, karbon aktif tongkol jagung 2.500 ppm dan campuran zeolit 10.000 ppm serta karbon aktif tongkol jagung 2.500 ppm.

Kata Kunci : Adsorpsi, Zeolit, Karbon Aktif Tongkol Jagung, Limbah Industri
Batik

 

×
Penulis Utama : Ruqoyyah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0214087
Tahun : 2018
Judul : Perbedaan Zeolit (A), Karbon Aktif Tongkol Jagung (B), Dan Campuran (A & B) Sebagai Adsorben Zat Warna Remazol Brilliant Blue R (Rbbr) dalam Limbah Industri Batik
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2018
Program Studi : D-4 Kesehatan Kerja
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran, Prog. Studi DIV Keselamatan dan Kesehatan Kerja - R.0214087-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ipop Sjarifah, Dra., M.Si,.
2. Maria Paskanita Widjanarti, S.K.M., M.Sc.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.