Penulis Utama : Futihatul Maisaroh
NIM / NIP : F3114028
×

Abstrak

Tujuan penulisan tugas akhir ini adalah untuk mengetahui dan mendapatkan gambaran mengenai bagaimana cara menstandarisasi mutu bahan baku untuk produk ekspor Furniture yang di terapkan oleh UD Surya Abadi Furniture dalam menjaga standar produk ekspor. Standarisasi mutu bahan baku produk ekspor bertujuan untuk memberikan hasil produk ekspor yang memenuhi standar pangsa pasar ekspor dengan cara memilih mutu bahan baku yang berstandar sampai produk jadi dan siap dipasarkan. Metode penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yaitu data yang berbentuk kata dan gambar. Data primer penulis dapatkan dari wawancara secara langsung dengan pimpinan dan staff UD Surya Abadi Furniture, sedangkan data sekunder penulis dapatkan dari studi pustaka beberapa buku yang berhubungan dengan tema tugas akhir.
Dari Hasil dalam penulisan tugas akhir ini adalah standar pemilihan bahan baku pasar ekspor yang diterapkan UD Surya Abadi Furniture dengan melakukan seleksi sumber bahan baku, pemeriksaan dokumen pembelian, pemeriksaan penerimaan bahan baku. Kendala yang dihadapi dalam proses standarisasi mutu bahan baku sampai produk akhir meliputi mutu bahan baku, kesalahan dalam proses produksi, sumber daya manusia, mesin dan peralatan.
Kesimpulan dalam penulisan tugas akhir ini adalah proses standarisasi mutu bahan baku pasar ekspor dalam rangka menjaga kualitas produk ekspor berpengaruh dari awal sampai akhir produksi. Proses standarisasi mutu bahan baku berperan penting dalam proses produksi, dimana jika terjadi mutu bahan baku yang standarnya kurang baik akan menjadi hambatan dalam proses selanjutnya. Sumber daya manusia dan mesin juga menentukan hasil akhir kualitas produk yang dihasilkan, Sehingga perlu adanya standarisasi mutu bahan baku agar proses produksi tidak terhambat
Saran yang dapat diberikan penulis kepada UD Surya Abadi Furniture adalah dalam melakukan standarisasi mutu bahan baku sebaiknya perusahaan lebih berhati-hati dalam memilih sumber bahan baku yang digunakan sehingga nantinya bahan baku yang diterima memiliki standar mutu yang baik. Selalu memperbarui mesin dan memberi arahan kepada karyawan agar dapat menghasilkan produk dengan kualitas yang lebih baik.

Kata Kunci: Standarisasi Produk Ekspor, Mutu Bahan Baku, Proses Produksi.

 

×
Penulis Utama : Futihatul Maisaroh
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3114028
Tahun : 2018
Judul : Standarisasi Mutu Bahan Baku Rotan Produk Ekspor Furniture pada Ud Surya Abadi Furniture (Ud Saf
Edisi :
Imprint : Surakarta - FEB - 2018
Program Studi : D-3 Bisnis Internasional
Kolasi :
Sumber : UNS-FEB-Prog. DIII-Jur. Manajemen Perdagangan-F3114028 -2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sutanto, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.