Penulis Utama : Riendinta Etta Surya
NIM / NIP : K3114040
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk awal yang dapat di gunakan oleh guru BK dalam memberikan layanan. Produk awal yang di hasilkan adalah panduan layanan bimbingan pengelolaan stres dengan teknik deep breathing dan self talk pada siswa SMA yang di sertai dengan Lembar Kerja Siswa. Produk Awal panduan dan LKS berisi kajian teoritik tentang teknik deep breathing dan self talk untuk membantu mengelola stres yang dihadapi oleh siswa melalui kegiatan la-yanan bimbingan secara klasikal.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan mengacu desain dari Borg and Gall. Penelitian dan pengembangan ini dibatasi sampai pada langkah ketiga yaitu pembuatan produk awal yang masuk dalam tahap pra pengembangan. Pengumpulan data dilakukan dengan angket tingkat kebutuhan dan tingkat kepentingan perkembangan dan perkembangan menurut siswa, orangtua, dan guru pembimbing. Data diperoleh dari 3183 responden yang terdiri dari 1529 siswa, 1529 orangtua, dan 125 guru pembimbing. Pesentase hasil analisis data angket akan di jadikan dasar masalah untuk penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan persenta-se sebesar 55,51%  sangat penting dan 54,43% sangat membutuhkan tentang pema-haman cara mengelola stres. Data ini di peroleh dari penelitian studi pendahulu-an yang di lakukan oleh mahasiswa BK angkatan 2012 yang tergabung dalam penelitian payung.

Simpulan hasil penelitian ini di rekomendasikan kepada peneliti yang se-lanjutnya yang berminat untuk melanjutkan tahap penelitian ini. Tahap penelitian se-lanjutnya adalah untuk menguji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifannya.

×
Penulis Utama : Riendinta Etta Surya
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3114040
Tahun : 2018
Judul : Pengembangan Panduan Untuk Mengelola Stres Menggunakan Teknik Deep Breathing dan Self Talk pada Siswa Sekolah Menengah Atas
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Bimbingan Konseling-K3114040-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Edy Legowo, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.