Penulis Utama : Wahyu Istuningsih
NIM / NIP : S991702014
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis (1) pengembangan E-Module Ekonomi Berbasis Learning Cycle 7E, (2) keefektifan hasil pengembangan produk E-Module Ekonomi Berbasis Learning Cycle 7E Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMA di Kabupaten Karanganyar.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan mengacu model pengembangan Borg & Gall yang meliputi sepuluh tahapan, yaitu: (1) research & information collection; (2) planning, (3) development preliminary form of product; (4) preliminary field testing; (5) operational product revision; (6) main field testing; (7) main product revision; (8) operating testing; (9) final product; dan (10) desemination and implementation. Populasi penelitian ini adalah peserta didik SMA di Kabupaten Karanganyar. Sampel penelitian yang digunakan adalah peserta didik SMA Negeri 1 Karanganyar, SMA Negeri 2 Karanganyar, dan SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar dengan pengambilan sampel melalui proposionate stratified random sampling. Metode pengumpulan data dengan observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif  untuk mengetahui kelayakan pengembangan E-Module Ekonomi Berbasis Learning Cycle 7E, sedangkan untuk mengetahui keefektifan hasil pengembangan produk E-Module Ekonomi Berbasis Learning Cycle 7E Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMA di Kabupaten Karanganyar dilakukan dengan menggunakan analisis statistik inferensial melalui Uji T test (Independent Sample T Test).
Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa pengembangan media E-Module Ekonomi berbasis Learning Cycle 7E dinyatakan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran karena telah memenuhi kriteria berdasarkan rekapitulasi penilaian dari ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa dengan persentase sebesar 95,07% yang termasuk kriteria sangat baik, sedangkan rekapitulasi  penilaian dari praktisi diperoleh presentase sebesar 96,67%, maka secara keseluruhan penilaian ahli dan praktisi diperoleh persentase sebesar 95,87%. Selain itu, hasil analisis statistik inferensial menunjukkan bahwa hasil pengembangan produk media  E-Module Ekonomi Berbasis Learning Cycle 7E dinyatakan efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA di Kabupaten Karanganyar berdasarkan Uji-t yang telah dilakukan dengan (Independent Sample T-Test) data N-Gain yang menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 sehingga Ho  ditolak dan H1 diterima, artinya bahwa terdapat perbedaan yang signifikan nilai pretest-posttest antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.

 

×
Penulis Utama : Wahyu Istuningsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S991702014
Tahun : 2018
Judul : Pengembangan E-Module Ekonomi Berbasis Learning Cycle 7E untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMA di Kabupaten Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : S-2 Pendidikan Ekonomi
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Ekonomi-S991702014-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Baedhowi, M,Si.
2. Khresna Bayu Sangka SE., MM., Ph.D.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.