Penulis Utama : Alfian Adi Candra
NIM / NIP : R0015009
×

ABSTRAK

Latar Belakang : Terwujudnya tempat kerja yang aman dan terhindar dari bahaya
adalah keuntungan dari penerapan aspek keselamatan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan Job Safety Analysis pada pengoperasian unit HD465 dan HD785, beserta upaya pengendalian yang tepat sebagai sarana untuk mengenali dan pencegahan terjadinya kecelakaan akibat kerja di PT Saptaindra Sejati site Boro.

Metode : Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, yaitu dengan menggambarkan proses analisa keselamatan kerja pada pengoperasian unit HD465 dan HD785 dan penggunaan konsep Job Safety Analysis pada tahap pengoperasian unit HD465 dan HD785.

Hasil : PT Saptaindra Sejati site Boro telah menerapakan analisa keselamatan kerja atau dikenal dengan Job Safety Analysis melalui pembentukan tim P2K3LM. Berdasarkan dari hasil  penelitian  didapatkan  berbagai  gambaran  potensi  dan  faktor  bahaya  yang terdapat di aktivitas pengoperasian unit HD465 dan HD785 yang dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu bahaya operasional dan bahaya kondisional.

Simpulan  :  Perusahaan  telah  menerapkan  analisa  keselamatan  kerja  atau  yang dikenal dengan Job Safety Analysis sebagai salah satu upaya pencegahan kecelakaan kerja.  Hal  ini  telah  sesuai  dengan  Peraturan  Pemerintah  RI No.  50  Tahun  2012 tentang Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja.

Kata kunci : Job Safety Analysis

 

×
Penulis Utama : Alfian Adi Candra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0015009
Tahun : 2018
Judul : Penerapan Job Safety Analysis sebagai Upaya Pencegahan Kecelakaan Kerja pada Pengoperasian Unit Hd465 dan Hd785 di PT Saptaindra Sejati Site Boro Kalimantan Selatan
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2018
Program Studi : D-3 Hiperkes
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran, Prog. Studi DIII Hiperkes dan Keselamatan Kerja Keselamatan dan Kesehatan Kerja - R.0015009-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sumardiyono, SKM.,M.Kes,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.