Penulis Utama : Anni Khoirunnisa
NIM / NIP : R0214015
×

ABSTRAK

Latar Belakang : Shift Kerja merupakan suatu periode kerja yang telah dijadwalkan untuk bekerja dengan cara bergiliran dalam waktu 24 jam. Shift kerja dapat mengakibatkan perubahan tekanan darah dan kelelahan kerja. Perubahan jadwal kegiatan dari pagi ke malam pada perawat shift malam menyebabkan terganggunya circadian rhytm sehingga mengakibatkan kelelahan kerja, hal itu dapat menjadikan saraf parasimpatis meningkat sehingga denyut jantung juga meningkat dan tekanan darah menjadi naik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya perbedaan tekanan darah dan kelelahan kerja pada perawat wanita shift malam di RS PKU Muhammadiyah Surakarta.
Metode : Penelitian ini merupakan observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel 70 perawat wanita shift malam di RS PKU Muhammadiyah Surakarta. Penelitian ini menggunakan sphygmomanometer untuk mengukur tekanan darah dan reaction timer untuk mengukur tingkat kelelahan kerja.  Teknik analisis data yang digunakan adalah uji statistik Wilcoxon.
Hasil : Berdasarkan uji Wilcoxon diperoleh hasil tekanan darah systole dengan p = 0.000 yang berarti bahwa terdapat perbedaan antara tekanan darah systole sebelum dan sesudah melaksanakan shift kerja malam. Sedangkan hasil tekanan darah diastole dengan p = 0.000 yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara tekanan darah diastole sebelum dan sesudah melaksanakan shift kerja malam. Hasil statistik tingkat kelelahan kerja dengan p = 0.001 menunjukkan terdapat perbedaan tingkat kelelahan kerja sebelum dan sesudah melaksanakan shift malam. Hasil yang didapatkan berupa tekanan darah dan kelelahan kerja sesudah shift malam lebih tinggi daripada sebelum melaksankan shift malam.
Simpulan : Adanya perbedaan yang signifikan antara tekanan darah dan tingkat kelelahan kerja pada perawat wanita shift malam di RS PKU Muhammadiyah Surakarta dengan perubahan berupa kenaikan tekanan darah dan kelelahan kerja.

Kata Kunci : Tekanan Darah, Kelelahan Kerja, Shift Kerja, Perawat Wanita.

 

×
Penulis Utama : Anni Khoirunnisa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0214015
Tahun : 2018
Judul : Perbedaan Tekanan Darah dan Kelelahan Kerja pada Perawat Wanita Shift Malam di RS Pku Muhammadiyah Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2018
Program Studi : D-4 Kesehatan Kerja
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran-Jur. Keselamatan dan Kesehatan Kerja-R0214015 -2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Ipop Sjarifah, M.Si.,
2. Dr. Isna Qadrijati dr., M.Kes.,
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.