Penulis Utama : Ita Rohmika
NIM / NIP : K8411039
×

ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui latar belakang siswa membentuk  kelompok  teman  sebaya.  (2)  Mengetahui  dampak  adanya  kelompok teman sebaya di sekolah. (3) Melakukan analisis dengan teori Strukturasi berkaitan dengan kelompok teman sebaya di kalangan siswa sekolah.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam dan observasi. Informan yang digunakan sebagai sumber data pada penelitian ini adalah 4 orang siswa dan 2 orang guru di SMA N 1 Tawangsari. Teknik  pemilihan  informan  dilakukan  dengan  teknik  purposive  sampling.  Uji validitas  data  menggunakan  triangulasi  sumber  dan  triangulasi  metode.  Teknik analisis  data  yang  digunakan  terdiri  dari  empat  tahap,  yaitu:  pengumpulan  data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Ada dua faktor yang melatar belakangi siswa membentuk kelompok teman sebaya di sekolah yakni pertama kesamaan sifat; hobi; dan tujuan, kemudian yang kedua perlu mendapat perhatian dari
orang lain. (2) Dampak dari adanya kelompok teman sebaya di sekolah adalah dapat mendorong siswa untuk bersikap mandiri dan menimbulkan pengucilan dalam pergaulan siswa. (3) Proses terbentuknya kelompok teman sebaya merupakan sebuah proses strukturasi. Kelompok-kelompok teman sebaya di sekolah akan diproduksi dan direproduksi terus menerus selama terdapat relasi antara siswa satu dengan siswa yang lain, dan juga antara siswa dengan guru yang mana mempengaruhi proses produksi dan reproduksi aturan tata tertib yang ada di sekolah. Dengan demikian, baik kelompok teman sebaya maupun aturan tata tertib yang dibuat oleh guru akan terus berubah dan berkembang dari waktu ke waktu dikarenakan perbedaan relasi yang terus terjadi.

Kata Kunci          : Kelompok Teman Sebaya, Strukturasi

 

×
Penulis Utama : Ita Rohmika
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8411039
Tahun : 2018
Judul : Analisa Kelompok Teman Sebaya di Kalangan Siswa SMA Negeri 1 Tawasari Tahun Ajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Sosiologi Antropologi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prog. Studi Sosiologi Antropologi - K8411039-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Atik Catur Budiati, S.Sos, M.A
2. Siany Indria Liestyasari, S.Ant, M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.