Penulis Utama : Andari Wulan Nugrahani
NIM / NIP : K8412005
×

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses masuknya
frontierisme ke dalam pasar tradisional di kota Surakarta. Dan, bagaimana peran aktor dominan di dalam arena kreatif.
Jenis  penelitian  ini  adalah  kualitatif  dengan  metode  pendekatan fenomenologi. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Juni-Juli tahun 2017. Teknik pengumpulan data menggunakan data primer dan data sekunder, yang diperoleh melalui metode pengumpulan data berupa wawancara tidak terstruktur dan   observasi   tidak   terlibat.   Pengambilan   informan   menggunakan   teknik purposive sampling.  Informan merupakan pengelola arena kreatif, pengunjung arena kreatif, seniman yang terlibat di dalam arena kreatif, dan pedagang yang menempati arena kreatif, serta pengunjung arena kreatif. Proses validitas data melalui trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Analisis data diawali dengan pengelompokan data, selanjutnya diinterprestasikan sehingga diperoleh kesimpulan. Prosedur penelitian yang dilakukan melalui empat tahap yaitu, tahap persiapan, tahap pengumpulan data, tahap analisis data, dan tahap penulisan laporan penelitian. Analisis data menggunakan konsep frontierisme.
Temuan data di  lapangan  menunjukan  masuknya  frontier ke  dalam  pasar tradisional yang berlokasi di Pasar Pucangsawit dan Pasar Kembang, merubah pasar tradisional tersebut menjadi arena kreatif. Arena kreatif tersebut dikenal sebagai Cangwit Creative Space dan Pakem Co-working Space Solo. Proses masuknya frontier ke dalam pasar tradisional dikendalikan oleh aktor dominan. Aktor dominan yang terlibat di arena kreatif memiliki peran yang berbeda. Peran masing-masing aktor dominan tersebut mendasari kepentingan mereka untuk ikut memanfaatkan arena kreatif.
Konsep frontier dijelaskan oleh Lefevbre dalam konteks ruang sosial. Dalam konsep tersebut, keberadaan arena kreatif tidak terlepas dari kehadiran aktor dominan yang memiliki kepentingan berdasarkan peran mereka. Penataan ruang yang unik ini layak diapresiasi ditengah berkembangnya isu mengenai krisis arena kreatif yang diperuntukkan bagi komunitas kreatif dan anak muda di Kota Surakarta. Arena kreatif yang hadir di Kota Surakarta ini hanya bertahan dalam periode   pertama   mereka.   Kemudian,   dinyatakan   vakum   karena   kurang menyiapkan langkah-langkah perawatan.


Kata kunci : Pasar Tradisional, Frontierisme, Arena Kreatif, Aktor Dominan.

 

×
Penulis Utama : Andari Wulan Nugrahani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8412005
Tahun : 2018
Judul : Frontierisme Pemanfaatan Pasar Tradisional sebagai Arena Kreatif di Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Sosiologi Antropologi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prog. Studi Sosiologi Antropologi - K8412005-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr.rer.nat. Nurhadi, S.Ant, M.Hum
2. Siany Indria Liestyasari, S.Ant, M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.