Penulis Utama : Islamiah Bastiar
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S111602002
Tahun : 2018
Judul : Alih Kode pada Transaksi Jual-Beli di Pasar Segiri, Samarinda, Kalimantan Timur
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana, Prog.Studi Magister Linguistik - S111602002-2018
Subyek : ALIH KODE, TRANSAKSI, JUAL-BELI, PASAR, SAMARINDA.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan wujud alih kode pada transaksi jual-beli di Pasar Segiri, Samarinda, Kalimantan Timur, (2) untuk mengungkapkan fungsi yang diperankan alih kode dalam jual –beli di Pasar Segiri Samarinda, Kalimantan Timur, dan (3) menjelaskan faktor-faktor yang menyebabkan alih kode dalam transaksi jual-beli di Pasar Segiri Samarinda, Kalimantan Timur.
Penelitian   ini   menggunakan   kajian   sosiolinguistik   dengan   pendekatan Poplack. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah aktivitas dan informan, jenis data dalam penelitian ini adalah bentuk ujaran dalam percakapan. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling.   Data dikumpulkan menggunakan teknik observasi, catatan lapangan, teknik rekam, wawancara. Data yang telah dikumpulkan kemudian ditranskripikan dan diklasifikasikan berdasarkan area pasar yang diteliti, kemudian dilanjutkan dengan pengkodean. Kemudian, data dianalisis menggunakan  analisis interaktif  Miles and  Huberman,  selanjutnya  data  dianalisis dengan metode etnografi komunikasi Dell Hymes.
Hasil penelitian ini meliputi wujud alih kode yang terdiri dari Tag switching (Alih kode Tag) dan Intersentensial Switching (Alih kode antarkalimat) dengan menggunakan kalimat deklaratif, imperatif, dan interogatif. Peralihan kode Tag terdiri dari  21  data,  dan  Intersentensial  terdiri  dari  40  data.  Fungsi  alih  kode  yang  di perankan alih kode antara lain, untuk menerangkan dan memperjelas, untuk mempertegas, untuk tawar-menawar, untuk menunjukan rasa marah, utuk bercanda, untuk meyakinkan, dan untuk perubahan topik. Faktor yang mempengaruhi alih kode adalah  penutur,  identitas  diri,  humor,  keterkejutan,  dan  kehadiran  pembeli  atau penjual lain.
Dari penelitian ini peneliti dapat menyimpulkan bahwa penggunaan alih kode antara penjual dan pembeli pada transaksi jual-beli di Pasar Segiri, Samarinda Kalimantan Timur yang terjadi di masing-masing area pasar berlangsung dengan baik dan mencapai kesepakatan dalam proses transaksi jual-beli berdasarkan wuju, fungsi dan faktor terjadinya alih kode dengan bahasa yang digunakan.

Kata kunci: alih kode, transaksi, jual-beli, pasar, Samarinda.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Scan_17.pdf
HALAMAN.pdf
BAB (1).pdf
BAB (2).pdf
BAB (3).pdf
BAB (4).pdf
BAB (5).pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sri Marmanto, M.Hum,
2. Prof. Dr. Sumarlam, M.S.
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana