Penulis Utama : Eka Maria Susanti
NIM / NIP : S841602010
×

ABSTRAK
Penelitian  ini  bertujuan  untuk:  1)  mendeskripsikan  dan  menjelaskan
bentuk gaya penulisan artikel ilmiah mahasiswa Pascasarjana Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Sebelas Maret; 2) mendeskripsikan dan menjelaskan hambatan dalam penulisan artikel ilmiah mahasiswa Pascasarjana Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Sebelas Maret; dan 3) mendeskripsikan dan menjelaskan solusi yang dilakukan mahasiswa Pascasarjana Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Sebelas Maret Surakarta dalam penulisan artikel ilmiah.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan melakukan analisis dokumen dan wawancara. Uji validitas dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teori dan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif, yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: 1) bentuk gaya penulisan artikel ilmiah mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Program Pascasarjana UNS ada yang sesuai dan ada yang tidak sesuai dengan Pedoman kareditasi Terbitan Berkala Ilmiah; 2) hambatan dalam penulisan artikel ilmiah mahasiswa terbagi menjadi dua, yaitu hambatan internal dan hambatan eksternal. Hambatan  internal  terdiri  atas  kemampuaan  kognisi  penulis,  rasa malas,  suka menunda waktu, minat dan motivasi, sedangkan hambatan eksternal terdiri atas kurangnya referensi, dan kurangnya respon narasumber. Berdasarkan kedua hambatan tersebut, hambatan internal yang banyak dialami oleh informan; dan 3) solusi   yang   dapat   digunakan   untuk   mengatasi   hambatan-hambatan   dalam penulisan artikel ilmiah adalah sering berlatih dan mencoba menulis, rajin membaca, memanfaatkan waktu dengan baik, aktif mengikuti seminar, berbagi pendapat dengan teman dan dosen, percaya pada kemampuan diri sendiri, dan memperbanyak referensi.

Kata kunci: gaya penulisan, artikel ilmiah, dan tesis

 

×
Penulis Utama : Eka Maria Susanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S841602010
Tahun : 2018
Judul : Analisis Gaya Penulisan Artikel Tesis Mahasiswa Program Pascasarjanan Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Sebelas Maret
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : S-2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana, Prog.Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia - S841602010-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Budhi Setiawan, M.Pd.
2. Dr. Muhammad Rohmadi, M. Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.