Penulis Utama : Naomi Fahma
NIM / NIP : S811608013
×

ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan menguji keefektifan bahan ajar buku saku akuntansi berbasis PBL dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran akuntansi bagi siswa SMA di kabupaten Klaten. Penelitian pengembangan bahan ajar buku saku berbasis PBL ini menggunakan prosedur ADDIE yang terdiri dari 5 langkah yaitu: 1) Analysis, merupakan tahap pertama dalam perancangan produk berupa bahan ajar buku saku akuntansi berbasis PBL sebagai solusi berdasarkan kebutuhan dan masalah yag ditemukan di sekolah, 2) Design, bahan ajar buku saku akuntansi berbasis PBL didesain sesuai dengan tema yang telah dirumuskan dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, 3) Development, yaitu identifikasi kekurangan terhadap produk awal yang telah didesain melalui uji coba ahli dan uji coba pengguna yang meliptui uji coba satu-satu, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan, 4) Implementation, pengujian terhadap bahan ajar buku akuntansi berbasis PBL oleh pengguna di lapangan, 5) Evaluation, bertujuan untuk menentukan apakah produk bahan ajar buku saku akuntansi berbasis PBL lebih efektif daripada bahan ajar yang saat ini digunakan dalam pembelajaran.

 

Hasil uji kelayakan dari para ahli terhadap produk yang dikembangkan dikembangkan termasuk kategori sangat baik, yaitu penilaian ahli media diperoleh skor rata-rata 91,67%, penilaian ahli materi diperoleh skor rata-rata 90,87%, penilaian uji coba satu-satu diperoleh skor rata-rata 86,70%, penilaian uji coba kelompok kecil diperoleh skor rata-rata 86,77% dan penilaian uji coba lapangan diperoleh skor rata-rata 81,34%. Hasil penilaian para ahli dan hasil penilaian siswa terhadap Buku saku akuntansi berbasis Problem Based Learning termasuk baik. Nilai rata-rata motivasi belajar kelas eksperimen sebesar 75,48 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 61,85. Nilai rata-rata prestasi belajar kelas eksperimen sebesar 94,55 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 90,74. Dapat disimpulkan bahwa kelas yang diajarkan dengan menggunakan Buku saku akuntansi berbasis Problem Based Learning lebih efektif dari pada kelas yang tidak diajarkan dengan buku saku tersebut atau secara konvensional.

 

Kata kunci: bahan ajar, buku saku, motivasi belajar

 

×
Penulis Utama : Naomi Fahma
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S811608013
Tahun : 2018
Judul : Pengembangan Bahan Ajar Buku Saku Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Akuntansi pada Siswa SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : S-2 Teknologi Pendidikan
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana, Prog.Studi Magister Teknologi Pendidikan- S811608013-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Nunuk Suryani, M. Pd.
2. Dr. Akhmad Arif Musadad, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.