Penulis Utama : Anggi Nur Rachmawati
NIM / NIP : K4614017
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar kemampuan gerak dasar lokomotor menggunakan permainan sederhana pada peserta didik kelas III G SD Ta’mirul Islam Surakarta tahun pelajaran 2017/2018.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi,dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas III G SD Ta’mirul Islam Surakarta yang berjumlah 25 peserta didik yang terdiri dari 14 peserta didik putra dan 11 peserta didik putri. Sumber data berasal dari guru, pesertadidik, dan peneliti. Tekhnik pengumpulan data adalah dengan observasi, penilaian dan dokumentasi. Validitas data menggunakan tekhnik triangulasi data.Analisis data menggunakan tekhnik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan prosentase.

Hasil penelitian ini analisis yang diperoleh dari kondisi awal peserta didik yang lulus hanya 6 peserta didi katau24 %, di siklus pertama terjadi peningkatan kelulusan yaitu 14 peserta didik atau 56 % dan di siklus ke dua peserta didik yang lulus menjadi 22 peserta didik atau 88 % sedangkan 3 peserta didik lainnya belum tuntas.

Simpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan permainan sederhana dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar lokomotor pada peserta didik kelas III G SD Ta’mirul Islam Surakarta tahun pelajaran 2017/2018.

×
Penulis Utama : Anggi Nur Rachmawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4614017
Tahun : 2018
Judul : Peningkatan Hasil Belajar Gerak Dasar Lokomotor Menggunakan Permainan Sederhana pada Peserta Didik Kelas III G SD Ta’mirul Islam Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi-K4614017-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Hanik Liskustyawati, M.Kes.
2. Drs. H. Sunardi
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.