Penulis Utama : Ellisa Septiani Ashar
NIM / NIP : K5414020
×

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui apakah ada perbedaan signifikan penggunaan model blended learning berbantuan schoology, model blended learning berbantuan facebook dan model ekspositori terhadap hasil belajar peserta didik (2) Untuk mengetahui apakah ada perbedaan signifikan penggunaan model blended learning berbantuan schoology dan model blended learning berbantuan facebook terhadap hasil belajar peserta didik (3) Untuk mengetahui apakah ada perbedaan signifikan penggunaan model blended learning berbantuan schoology dan model model ekspositori terhadap hasil belajar peserta didik (4) Untuk mengetahui apakah ada perbedaan signifikan penggunaan model blended learning berbantuan facebook dan model model ekspositori terhadap hasil belajar peserta didik.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPS SMA Negeri 6 Surakarta. Sampel penelitian diambil dengan teknik simple random sampling dan diperoleh kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen 1 dengan model blended learning berbantuan schoology, kelas XI IPS 5 sebagai kelas eksperimen 2 dengan model blended learning berbantuan facebook dan XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data hasil belajar menggunakan soal pilihan ganda, angket, serta lembar observasi. Teknik analisis data  yang digunakan  adalah anava satu jalan dan dilanjutkan pasca anava dengan metode scheffe dengan taraf signifikansi 5%.
Berdasarkan  hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) Terdapat perbedaan hasil belajar kognitif yang signifikan, terdapat perbedaan hasil belajar afektif yang signifikan serta tidak terdapat perbedaan hasil belajar psikomotor yang signifikan antara model pembelajaran blended learning berbantuan schoology, blended learning berbantuan facebook dan model ekspositori. (2) Tidak terdapat perbedaan hasil belajar kognitif yang signifikan, terdapat perbedaan hasil belajar afektif yang signifikan serta tidak terdapat perbedaan hasil belajar psikomotor yang signifikan antara model pembelajaran blended learning berbantuan schoology, dan model blended learning berbantuan facebook. (3) Terdapat perbedaan hasil belajar kognitif yang signifikan, terdapat perbedaan hasil belajar afektif yang signifikan serta tidak terdapat perbedaan hasil belajar psikomotor yang signifikan antara model pembelajaran blended learning berbantuan schoology dan model ekspositori. (4) Terdapat perbedaan hasil belajar kognitif yang signifikan, terdapat perbedaan hasil belajar  afektif yang signifikan serta tidak terdapat perbedaan hasil belajar psikomotor yang signifikan antara model pembelajaran blended learning berbantuan facebook dan model ekspositori.

Kata Kunci : blended learning, schoology, facebook, hasil belajar

×
Penulis Utama : Ellisa Septiani Ashar
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5414020
Tahun : 2018
Judul : Perbedaan Pengaruh Model Blended Learning Berbantuan Schoology dan Facebook terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IPS SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Geografi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Geografi-K5414020-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Djoko Subandriyo, M.Pd.
2. Singgih Prihadi, S.Pd, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.