Penulis Utama : Ardi Dwi Handono
NIM / NIP : F0114013
×

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kontribusi PAD sektor pariwisata terhadap PAD dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Subosukawonosraten pada tahun 2012-2016.  Menggunakan analisis data panel dengan PAD sektor pariwisata sebagai variabel dependen dan jumlah wisatawan, jumlah hotel, Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) sebagai variabel independen. Sumber data dalam penelitian ini didapatkan dari Badan  Pusat Statistik (BPS) dan Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK).

Hasil penelitian ini rata-rata kontribusi PAD pariwisata terhadap PAD sebesar 4,31%. Secaraan bersamaan variabel jumlah wisatawan, jumlah hotel, dan PDRB berpengaruh positif dan signifikan terhadap PAD sektor pariwisata. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil niali R2 sebesar 0.9676. Hal tersebut menunjukkan bahwa 96,67 % variabel dependen dapat dijelaskan oleh ketiga variabel independen. Secara parsial jumlah wisatawan dan jumlah hotel tidak berpengaruh terhadap PAD sektor pariwisata, variabel PDRB berpengaruh postif dan signifikan terhadap PAD sektor pariwisata.

Dengan hasil penelitian tersebut, maka saran dari penelitian ini adalah pemerintah diharapkan dapat meningkatkan kwaliatas pariwisata dan  mempromosikan wilayah wisata kepada kalayak umum sehingga dapat meningkatkan PAD sektor pariwisata.

×
Penulis Utama : Ardi Dwi Handono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0114013
Tahun : 2018
Judul : Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Sektor Pariwisata di Subosukawonosraten Tahun 2012-2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.Ekonomi & Bisnis - 2018
Program Studi : S-1 Ekonomi Pembangunan
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi dan Bisnis Jur. Ekonomi Pembangunan-F0114013-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Kresno Sarosa Pribadi, Drs., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.