Penulis Utama : Muhammad Ardi N.
NIM / NIP : R0214065
×

ABSTRAK

Latar Belakang: Cuaca kerja adalah kombinasi dari suhu udara, kelembaban udara, kecepatan gerakan udara, dan suhu radiasi. Tekanan panas dapat mengakibatkan bertambahnya beban kerja bagi jantung yang harus memompa darah lebih banyak. Hal ini menyebabkan jantung akan memompa darah lebih cepat yang mengakibatkan denyut nadi meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tekanan panas dan denyut nadi pada pekerja bagian produksi roll plastik PT Kusuma Mulia Plasindo Infitex Ceper Klaten.
Metode: Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian rancangan observasional analitik dengan jenis pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pekerja bagian produksi roll plastik PT Kusuma Mulia Plasindo Infitex Ceper Klaten sebanyak 60 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling dan ditetapkan sampel sebanyak 52 sampel. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tensimeter digital omron dan Heat Stress Area Monitor. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji pearson product moment dengan menggunakan software SPSS versi 23.0.
Hasil: Hasil analisis bivariat menunjukkan adanya antara tekanan panas dan denyut nadi (p value = 0,002).
Simpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara tekanan panas dengan denyut nadi pada pekerja bagian produksi roll plastik PT Kusuma Mulia Plasindo Infitex Ceper Klaten.

Kata Kunci: Tekanan Panas, Denyut Nadi

 

×
Penulis Utama : Muhammad Ardi N.
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0214065
Tahun : 2018
Judul : Hubungan Antara Tekanan Panas dengan Denyut Nadi pada Pekerja Bagian Produksi Roll Plastik PT Kusuma Mulia Plasindo Infitex Ceper Klaten
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2018
Program Studi : D-4 Kesehatan Kerja
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran-Jur. Keselamatan dan Kesehatan Kerja-R0214065-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Iwan Suryadi, SKM., M.Kes.
2. Siti Rachmawati, S.ST., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.