Penulis Utama : Tiara Asri Dewani
NIM / NIP : K4614092
×

Tujuan Penelitian ini adalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Teknik Passing Bawah dan Passing Atas Bolavoli dengan menerapkan Model Pembelajaran kooperatif Tipe Student Teams Achievment Division ( STAD ) Pada Kelas VII A SMP Negeri 1 Kebakkramat Tahun Ajaran 2018/2019.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII A yang berjumlah 32 peserta didik yang terdiri dari12 peserta didik putra dan 20 peserta didik putri. Sumber data berasal dari peserta didik, guru,   dan   peneliti.   Teknik   pengumpulan   data   adalah   dengan   observasi, wawancara, dokumentasi atau arsip berupa foto. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif dan teknik persentase. Prosedur penelitian adalah berupa siklus pembelajaran yang saling berkaitan.
Berdasarkan hasil analisis data pada bab IV diperoleh pada prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Pada prasiklus hasil belajar passing bawah danpassing  atas  bolavoli ranah  pengetahuan  jumlah  peserta didik  yang tuntas adalah   11peserta   didik   dengan   prosentase   35%,   sedangkan   pada   aspek keterampilan jumlah peserta didik yang tuntas adalah 11 peserta didik dengan prosentase  35%.  Pada  siklus  I  hasil  belajar  passing  bawah  danpassing  atas bolavoli  pada aspek pengetahuan  jumlah peserta didik  yang tuntas  adalah 24 peserta didik dengan prosentase 75%, dan pada aspek keterampilan jumlah peserta didik yang tuntas adalah 23 peserta didik dengan prosentase 71% Sedangkan pada siklus II hasil belajar passing bawah danpassing atas bolavoli pada aspek pengetahuan   jumlah peserta didik yang tuntas dan lulus adalah 27peserta didikpersentase 85%, dan pada aspek keterampilan jumlah peserta didik yang tuntas adalah 87%. Hasil belajar passing bawah danpassing atas bolavoli telah mencapai target yaitu 80 %. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran STAD dapatmeningkatkan hasil belajar teknik passing bawah dan passing atas bolavoli pada peserta didik kelas VII A SMP N 1 Kebakkramat Tahun Ajaran 2018/2019.

 

×
Penulis Utama : Tiara Asri Dewani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4614092
Tahun : 2018
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Teknik Passing Bawah dan Passing Atas Bolavoli pada Peserta Didik Kelas VII A SMP Negeri 1 Kebakkramat Tahun Ajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. PENJASKES-K4614092-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Budhi Satyawan, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.