Penulis Utama : Muhammad Fatkhurozaq
NIM / NIP : K4612106
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar tendangan lurus dalam pencak silat melalui  penerapan alat bantu pembelajaran  pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Simo Boyolali Tahun Pelajaran  2016/2017.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian  dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi dengan jumlah pertemuan dalam setiap siklusnya ada tiga kali pertemuan.Subjek yang diteliti dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas VIII B yang berjumlah 31 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi.Validitas data pada penelitian tindakan kelas ini menggunakan triangulasi. Prosedur penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

Hasil penelitian menunjukan bahwa menggunakan alat bantu pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar tendangan lurus dalam pencak silat pada siswa dari prasiklus ke siklus I dan siklus II. Dari hasil analisis yang diperoleh peningkatan yang signifikan dari siklus I dan siklus II. Hasil belajar Tendangan Lurus Pencak Silat Pada siklus I terjadi peningkatan prosentase hasil belajar siswa dalam kategori Baik Sekali sebesar 3,23%, sedangkan siswa yang tuntas 22 siswa dan siswa yang belum tuntas 9 siswa. Pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa dalam ketgori baik sekali sebesar 18,18% sedangkan siswa yang tuntas 25 Siswa dan yang belum tuntas 6 siswa.

Simpulan penelitian ini adalah penggunaan alat bantu pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar tendangan lurus dalam pencak silat pada siswa kelas VIII B SMP N 1 Simo Boyolali.

 

×
Penulis Utama : Muhammad Fatkhurozaq
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4612106
Tahun : 2018
Judul : Penggunaan Alat Bantu Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tendangan Lurus dalam Pencak Silat Pada Siswa Kelas VIII B SMP N 1 Simo Boyolali Tahun Pelajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi-K4612106-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sunardi, M.Kes.
2. Tri Winarti Rahayu,S.Pd., M.Or.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.