Penulis Utama : Nur Amalina Fathunah
NIM / NIP : I0114087
×

ABSTRAK
Jembatan Bahteramas Teluk Kendari merupakan jembatan cable stayed yang dibangun di atas Teluk Kendari, Sulawesi Tenggara. Metode konstruksi yang digunakan pada Jembatan Bahteramas Teluk Kendari adalah metode free standing kantilever. Proses konstruksi pada jembatan merupakan tahapan yang sangat penting sehingga perlu dianalisis dalam pembuatannya untuk mencegah terjadinya keruntuhan jembatan pada saat tahap konstruksi.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan periode getar alami struktur, kekakuan, besar displacement, dan gaya kabel yang terjadi pada setiap tahapan konstruksi yang diakibatkan oleh beban gempa. Rekaman gempa yang digunakan adalah gempa Loma Prieta, gempa Kushiro, dan gempa Urakawa. Analisis riwayat waktu dilakukan agar diperoleh respon struktur dari detik ke detik selama gempa berlangsung. Analisis displacement pada penelitian ini dievaluasi sesuai dengan persyaratan dan peraturan yang ada.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pada tahap konstruksi nilai periode getar alami semakin meningkat dan periode terbesar terdapat pada tahap ke-12 yaitu 0,0578 detik arah longitudinal dan 0,773 detik arah transversal. Kekakuan struktur semakin menurun dengan kekakuan terbesar terdapat pada tahap ke-1 yaitu sebesar 25.097.335,7974 kN/m arah longitudinal dan 7.143.679,1993 kN/m arah transversal.  Respon displacement pada pylon dan gelagar semakin meningkat dari awal tahap konstruksi sampai dengan akhir konstruksi, respon displacement pada gelagar di setiap tahapan konstruksi berada di bawah batas izin displacement yaitu L/480, sehingga gelagar dinyatakan aman. Respon displacement pylon dan gelagar yang paling besar terdapat pada tahap ke-12 arah transversal yaitu sebesar 0,0878 m. Nilai gaya kabel yang terjadi bersifat fluktuatif dari tahap ke tahap konstruksi, dan pada setiap konstruksi jembatan nilai gaya kabel maksimum terletak pada kabel yang dipasang paling akhir. Selain itu, gaya kabel maksimum pada setiap tahapan konstruksi yang didapatkan berada di bawah 0,45fpu, sehingga kabel dapat disimpulkan aman selama proses konstruksi.

Kata kunci: cable stayed, periode getar alami, kekakuan, displacement, gaya kabel

 

×
Penulis Utama : Nur Amalina Fathunah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0114087
Tahun : 2018
Judul : Kajian Perilaku Struktur Jembatan Free Standing Cable Stayed Pada Tahap Konstruksi Dengan Analisis Riwayat Waktu The Study Of Structural Behavior Free Standing Cable Stayed Bridge During Construction Stage With Time History Analysis
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2018
Program Studi : S-1 Teknik Sipil
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik, Program Studi Teknik Sipil -I0114087-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Senot Sangadji, S.T., M.T.
2. Ir. Agus Supriyadi, M.T.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.