Penulis Utama : Faisal Adam Rahman
NIM / NIP : A121608016
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan fenomena aktivitas pendakian gunung sebagai olahraga rekreasi masyarakat di Taman Nasional Gunung Merbabu Kabupaten Boyolali, ditinjau berdasarkan: 1) kelompok masyarakat seperti apa yang melakukan aktivitas pendakian Gunung Merbabu, 2) aktivitas-aktivitas yang dilakukan dalam pendakian gunung, 3) mendalami motif dan  motivasi  masyarakat  yang  melakukan  aktivitas  pendakian,  4) mengidentifikasi manfaat yang diperoleh pendaki dan masyarakat sekitar, dan 5) mengidentifikasi risiko dan bahaya aktivitas pendakian gunung.
Penelitian ini dilakukan di Taman Nasional Gunung Merbabu, Provinsi Jawa Tengah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi.
Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Kelompok masyarakat yang melakukan aktivitas pendakian Gunung Merbabu yaitu: a) Laki- laki sebesar 73% dan perempuan 27%, b) jumlah terbanyak pendaki usia 17-25 tahun sebesar 57,48%, c) didominasi oleh pelajar sebesar 69,40%, d) 71,73% pendaki berasal dari daerah perkotaan, e) pendakian dilakukan secara kelompok dan individu. 2) Aktivitas-aktivitas yang dilakukan dalam pendakian meliputi : a) aktivitas fisik : hiking, tracking, mendaki, dan menuruni medan. b) aktivitas non- fisik: istirahat dan tidur, menikmati   pemandangan alam, menginap mendirikan tenda, membuat api unggun, memasak, shalat atau berdoa, berkumpul, berfoto dan merekam video aktivitas pendakian, membersihkan lingkungan, saling tolong menolong.  3)  motif  masyarakat  melakukan  aktivitas  pendakian  gunung  yaitu: Ingin melepas penat atau kejenuhan akibat rutinitas kesehariannya yang padat ataupun masalah pribadinya, ingin berbaur dengan alam serta menikmati pemandangan  alam,  mencoba  hal  baru,  ingin  berinteraksi  dengan  alam,  dan sebagai hobi. Motivasi masyarakat melakukan aktivitas pendakian gunung yaitu: untuk memperoleh kepuasan, ingin menggapai tempat tinggi dan melihat alam dari ketinggian, dan ingin mendapatkan pengalaman baru dalam hidupnya. 4) manfaat yang diperoleh pendaki: a) manfaat secara fisik: sarana berolahraga, menjaga kesehatan, melatih fisik, dan membantu menurunkan berat badan, b) secara psikologis: refreshing, relaksasi dan rekreasi, pembentukan karakter, memperoleh kepuasan, belajar hidup mandiri, mendapat pengalaman baru, dan memperoleh sensasi yang luar biasa, c) secara sosial: mendapat teman baru, dan sarana bersosialisasi, d) secara spiritual yaitu lebih mendekatkan diri dengan Sang Pencipta.  Sedangkan  manfaat  yang  diperoleh  masyarakat  sekitar  yaitu  terjadi peningkatan  pendapatan.  5)  risiko  dan  bahaya  aktivitas  pendakian  gunung meliputi  a)  faktor internal : persiapan yang kurang, kelelahan, terjatuh, dan tersesat, b)   faktor   eksternal: cuaca/iklim, penyakit gunung   (hypothermia, hypoxia), dan serangan binatang liar:

Kata  Kunci : Aktivitas Fisik, Pendakian Gunung, Olahraga rekreasi, Gunung
Merbabu

×
Penulis Utama : Faisal Adam Rahman
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : A121608016
Tahun : 2018
Judul : Aktivitas Pendakian Gunung Merbabu sebagai Olahraga Rekreasi Masyarakat (Studi Fenomenologis Tentang Masyarakat Pendaki dan Masyarakat Sekitar di Taman Nasional Gunung Merbabu Kabupaten Boyolali)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : S-2 Ilmu Keolahragaan
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Ilmu Keolahragaan-A121608016-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sugiyanto
2. Prof. Dr. Agus Kristiyanto, M. Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.