Penulis Utama : Anung Anindito Tohari
NIM / NIP : K1514013
×

Tujuan dari penelitian ini untuk, (1) mengetahui bagaimana pengaruh penambahan serat bambu dengan variasi panjang serat dan variasi suhu pembakaran terhadap nilai kuat tarik belah beton (2)mengetahui bagaimana pengaruh penambahan serat bambu dengan variasi panjang serat dan variasi suhu pembakaran terhadap tingkat sorptivity beton (3) mengetahui berapakah panjang serat bambu dan variasi suhu pembakaran yang menghasilkan nilai kuat tarik belah maksimal pada beton (4) mengetahui berapakah panjang serat bambu dan variasi suhu pembakaran yang menghasilkan tingkat sorptivity minimal pada beton.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen dan teknik analisa data menggunakan regresi linear berganda. Variabel yang mempengaruhi dalam penelitian ini adalah (1) Variabel bebas: variasi penambahan panjang serat bambu yaitu 2 cm, 3 cm, dan 4 cm sebesar 1,5?ri berat semen, dan variasi suhu pembakaran 200°C,300°C, dan400°C, (2) Variabel terikat: Kuat tarik belah beton dan tingkat Sorptivity beton akibat variasi panjang serat bambu dan suhu pembakaran.
Hasil penelitian sebagai berikut, (1) Adanya variasi panjang serat bambu dan suhu pembakaran berpengaruh negatif terhadap kuat tarik belah beton. (2) Adanya variasi panjang serat bambu dan suhu pembakaran berpengaruh positif terhadap sorptivity awal, dan tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil pengujian sorptivity sekunder. (3) Pada kuat tarik belah beton dengan variasi panjang serat bambu dan suhu pembakaran memiliki nilai maksimal diperoleh pada panjang serat 4 cm dan suhu pembakaran 200°C dengan nilai kuat tarik belah sebesar 2,508 MPa. (4) Pada sorptivity awal beton dengan variasi panjang serat bambu dan suhu pembakaran memiliki nilai minimal diperoleh pada panjang serat 2 cm dan suhu pembakaran 200°C dengan nilai sorptivity awal sebesar 0,0217 mm/?s. Pada sorptivity sekunder beton dengan variasi panjang serat bambu dan suhu pembakaran memiliki nilai minimal diperoleh pada panjang serat 3 cm dan suhu pembakaran 200°C dengan nilai sorptivity sekunder sebesar 0,00050 mm/?s.

 

×
Penulis Utama : Anung Anindito Tohari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1514013
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Penambahan Panjang Serat Bambu pada Beton terhadap Kuat Tarik Belah dan Tingkat Sorptivity Beton Serat Pasca Bakar
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Bangunan
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Teknik Bangunan-K1514013-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Anis Rahmawati, S.T., M.T.
2. Aryanti Nurhidayati, S.T., M. Eng.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.