Penulis Utama : Briberliant Kurnia Saptaji Adinata
NIM / NIP : I0113026
×

 

Bak  resapan  adalah  salah  satu  fasilitas  resapan  air  yang  digunakan  untuk mengatasi banjir dengan cara menampung dan meresapankan air ke dalam tanah. Peningkatan kemampuan tanah dalam meresapkan air dapat memperkecil peluang terjadinya  aliran  air  permukaan  (surface  runoff)  sehingga  dapat  mengurangi potensi banjir. Seberapa besar penambahan resapan air oleh bak resapan belum diketahui sehingga menarik untuk diteliti.

Jenis penelitian ini adalah eksperimental dengan pembuatan rangkaian seri bak resapan untuk  mengurangi  limpasan  permukaan.  Lokasi  penelitian  berada  di depan teras Bpk. Sumarno di Klodran, Karanganyar. Penelitian ini dilakukan dengan  menggunakan  3 buah  bak  resapan  yang  pada  setiap  bak  resapan mempunyai dimensi 50 x 50 x 50 cm. Dinding bak resapan ditutup menggunakan rabat beton agar air tidak meresap pada sekitar dinding bak resapan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh bak resapan terhadap limpasan permukaan ini adalah semakin jauh jarak dan banyak bak resapan maka semakin besar debit yang dapat direduksi selama tanah belum jenuh. Dalam waktu 30 menit limpasan permukaan yang dapat direduksi pada Qmasuk 0,202 liter/detik dengan  kondisi  tanah  kering  sebesar  100%  dan  kondisi  tanah  lembab/basah sebesar 100%.   Pada Qmasuk 0,3654 liter/detik dengan kondisi tanah kering sebesar 100% dan Qmasuk dan kondisi tanah lembab/basah sebesar 100%.  Pada Qmasuk  0,8178  liter/detik  dengan  kondisi  tanah  kering  sebesar  88,11%  dan kondisi tanah lembab/basah sebesar 57,014%. Jumlah bak resapan berpengaruh terhadap besar reduksi limpasan permukaan selama kondisi tanah belum jenuh. Pada kondisi tanah yang jenuh air yang meresap kecil. Hal ini sesuai dengan koefisien permeabilitas tanah di area penelitian sebesar 3,1 x 10-7 dan 4,2 x 10-7 cm/detik yang dihasilkan dari uji tanah di Laboratorium Alaska, Jebres, Surakarta.

Kata Kunci : Bak Resapan, Limpasan Permukaan

×
Penulis Utama : Briberliant Kurnia Saptaji Adinata
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0113026
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Bak Resapan Seri terhadap Penurunan Limpasan Permukaan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2018
Program Studi : S-1 Teknik Sipil
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Teknik Program Studi Teknik Sipil-I0113026-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Ir. Sobriyah, M.Sc.,
2. Ir. Siti Qomariyah, M.Sc.,
Penguji :
Catatan Umum : Lamp tersedia
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.