Penulis Utama : Elsafan Gelar Geladi
NIM / NIP : I0111033
×

ABSTRAK

Jalan Ahmad Yani adalah salah satu jalan utama yang melayani pergerakan transportasi Kota Surakarta. Merupakan jalan arteri sehingga banyak kendaraan melewati ruas jalan tersebut. Volume lalu lintas yang relatif tinggi di jalan Ahmad Yani mempengaruhi kinerja simpang di sepanjang jalan ini. Persimpangan yang ada di sepanjang ruas jalan  Ahmad Yani sudah dilengkapi dengan rambu lalu lintas untuk mengatur perilaku kendaraan saat berada di persimpangan agar konflik- konflik yang terjadi bisa dihindari. Sehingga potensi kemacetan dan kecelakaan lalu lintas dapat terhindarkan.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja simpang bersinyal di ruas jalan Ahmad Yani yaitu Simpang Empat Ngemplak dan Simpang Tiga Gilingan. Kinerja kedua simpang bersinyal tersebut akan dianalisis menggunakan metode MKJI 1997 dan perangkat lunak PTV VISTRO. Analisis pada masing-masing metode dilakukan dengan tiga skenario yaitu skenario model dasar (base model), Widodo (1997), dan Gati (2009). Kemudian hasil analisis kedua metode tersebut yaitu derajat kejenuhan, tundaan dan panjang antrian dibandingkan satu sama lain.

Hasil analisis kinerja simpang bersinyal menunjukkan bahwa panjang antrian pada metode MKJI 1997 dan perangkat lunak PTV VISTRO berbeda dengan panjang antrian kendaraan berdasarkan data dilapangan. Karena itu perlu dilakukannya kalibrasi dan validasi. Dengan mengubah nilai base saturation flow dan EMP untuk sepeda motor, pemodelan menghasilkan panjang antrian kendaraan lebih mendekati data lapangan. Hasil uji t menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara hasil skenario dan data di lapangan. Perangkat lunak PTV VISTRO cenderung menghasilkan derajat kejenuhan, tundaan dan panjang antrian yang lebih rendah daripada metode MKJI 1997. Hasil yang didapat dari metode MKJI 1997 dan perangkat lunak PTV VISTRO berbeda karena perbedaan dalam hal analisis pergerakan lalu lintas jalan, faktor penyesuaian yang digunakan, saturation flow dan perhitungan waktu sinyal.

Kata kunci : simpang bersinyal, kinerja simpang, MKJI 1997, PTV VISTRO

×
Penulis Utama : Elsafan Gelar Geladi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0111033
Tahun : 2018
Judul : Perhitungan Kinerja Simpang Bersinyal menggunakan Metode Mkji 1997 dan Perangkat Lunak Ptv Vistro (Studi Kasus Simpang Empat Ngemplak dan Simpang Tiga Gilingan Kota Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2018
Program Studi : S-1 Teknik Sipil
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Teknik Jurusan Teknik Sipil -I0111033-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Budi Yulianto S.T., M.Sc., Ph.D.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.