Penulis Utama : Catur Arumsari
NIM / NIP : K7413032
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar akuntansi melalui model pembelajaran aktif strategi True Or False dan strategi Index Card Match serta pembelajaran mana yang lebih signifikan antara pembelajaran dengan strategi True Or False atau pembelajaran dengan strategi Index Card Match.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi eksperimental design dengan desain kelompok pretes-postes. Subjek penelitian   adalah siswa kelas X Akuntansi  1  dan  X  Akuntansi  2  SMK  Negeri  1  Sukoharjo  yang  berjumlah masing-masing  36  siswa.  Instrumen  yang  digunakan  adalah  tes  uraian.  Uji statistik menggunakan Paired Samples T Test dan Independent Samples T Test.
Hasil  penelitian  ini  menunjukkan  bahwa  penerapan  model  pembelajaran aktif strategi True Or False dan strategi Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi. Hal ini terbukti dari hasil perhitungn uji perbedaan rata- rata data pretes-postes pada kelompok True Or False dengan nilai 0,000 dan kelompok Index Card Match dengan nilai 0,000 yang berarti terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar akuntansi siswa pada kedua kelompok. Kedua pembelajaran menunjukan peningkatan yang signifikan. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan uji perbedaan rata-rata postes pada kelompok True Or False dan kelompok Index Card match dengan nilai 0,455 yang berarti tidak signifikan sehingga kedua metode ini sama-sama dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

 

×
Penulis Utama : Catur Arumsari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7413032
Tahun : 2018
Judul : Perbedaan Pembelajaran Akuntansi dengan Strategi True or False dan Strategi Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Akuntansi-K7413032-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr Sigit Santoso M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.