Penulis Utama : Mochamad Haris Ainurrohman
NIM / NIP : K3113040
×

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan media website untuk meningkatkan kematangan karier peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 2 Karanganyar tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini diharapkan dapat berguna di dalam dunia ilmu bimbingan dan konseling khususnya dalam pemberian layanan bimbingan karier menggunakan media berbasis website untuk meningkatkan kematangan karier peserta didik.
Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) dari Borg and Gall. Serta prosedur pengembangan yang dilaksanakan adalah pra-penelitian, perencanaan, pembuatan produk konsep, uji ahli dan perbaikan awal, uji praktisi dan perbaikan produk. Sedangkan Subjek dalam Uji produk ini adalah dua ahli bimbingan dan konseling, satu ahli IT, dan dua konselor sekolah/guru bimbingan dan konseling yang masing-masing subjek telah memiliki pengalaman di bidangnya selama lebih dari lima tahun. Data yang digunakan untuk mengukur kelayakan produk website ini menggunakan angket uji ahli. Dalam menentukan hasil penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan dengan cara inter-rater agreement model, dan pengklasifikasian validitas yang dikemukakan oleh Guilford yakni:   dikategorikan memiliki validitas sangat tinggi.
Hasil dari uji ahli didapatkan nilai sebesar 0,942 untuk produk website dan 0,898 untuk pedoman website yang berarti keduanya memiliki nilai validitas sangat baik. Serta dari konselor sekolah didapatkan nilai sebesar 0,969 untuk produk website dan 0,973 untuk pedoman website yang berarti keduanya memiliki nilai validitas sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian dan pengembangan media website untuk meningkatkan kematangan karier peserta didik kelas XI IPS Sekolah Menengah Atas telah memenuhi kriteria ketepatan, dan kelayakan produk berdasarkan uji ahli. Media website ini direkomendasikan untuk konselor sekolah karena merupakan untuk meningkatkan kematangan karier peserta didik yang efektif.

 

×
Penulis Utama : Mochamad Haris Ainurrohman
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3113040
Tahun : 2018
Judul : Pengembangan Website Bimbingan Karier untuk Meningkatkan Kematangan Karier Peserta Didik Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Karanganyar Tahun Pelajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Bimbingan dan Konseling-K3113040-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Siti Sutarmi Fadhilah, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.