Penulis Utama : Sofian Pradipta Respati Saputra
NIM / NIP : I8315056
×

Desa Kaliboto, Kecamatan Mojogedang merupakan salah satu desa di Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah yang mayoritas masyarakatnya bermatapencaharian sebagai petani dan peternak. Ternak yang biasa dipelihara petani di desa tersebut antara lain sapi, kambing, domba, dan ayam. Kegiatan beternak ini menghasilkan limbah kotoran ternak berupa limbah cair dan limbah padat.

Masyarakat Desa Kaliboto rata-rata memiliki binatang ternak sebanyak dua ekor atau lebih. Penduduk yang memiliki ternak khususnya sapi, akan menimbun kotoran sapi sebanyak minimal dua kali dalam sehari. Banyak masyarakat yang tidak memanfaatkan kotoran ternak tersebut. Bahkan mereka hanya membiarkan limbah kotoran menumpuk sehingga menimbulkan masalah kesehatan, pencemaran lingkungan, dan masalah lainnya.

Dalam penelitian ini penulis menawarkan suatu alternatif dan inovasi berupa biodigester yang dirancang dengan bahan yang lebih ekonomis, lebih mudah dalam instalansi dan tanpa mengurangi kualitas hasil gas yang diproduksi yaitu dengan menggunakan buis beton berkapasitas 1,27 m3. Alat ini ditujukan untuk mengolah limbah kotoran ternak sehingga dapat dimanfaatkan menjadi sesuatu yang bermanfaat dan mempunyai nilai jual.

Alat biodigester berbasis buis dalam penelitian ini memiliki beberapa bagian, yaitu bagian input, reaktor, dan bagian output. Bagian input berbentuk silinder berdiameter 60 cm dan memiliki tinggi 50 cm dengan satu penutup yang berada   di   bawah   silinder.   Bagian   kedua   adalah   reaktor,   berupa   silinder berdiameter 90 cm dan  memiliki tinggi 50  cm  disusun seri secara horizontal sebanyak 4 buah. Bagian ketiga adalah output, berbentuk persegi panjang dengan panjang 85 cm, lebar 100 cm dan memiliki tinggi 95 cm.

Alat ini telah di uji coba di Desa Kaliboto, Kecamatan Mojogedang, Karanganyar, Jawa Tengah. Hasil analisa unjuk kerja alat digester berbasis buis dengan fermentasi kotoran sapi selama 16 hari dapat menghasilkan gas dengan pemakaian per kompor adalah 51 menit 49 detik atau mendekati 1 jam dan menghasilkan energi panas/kalori yaitu sebesar 1.092.415,5 Joule.

×
Penulis Utama : Sofian Pradipta Respati Saputra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I8315056
Tahun : 2018
Judul : Pembuatan Biodigester Berbasis Nuis Beton Kapasitas 1,27m
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2018
Program Studi : D-3 Teknik Kimia Produksi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Teknik Studi D-III Teknik Kimia-I8315056 -2018
Kata Kunci : -
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Anatta Wahyu Budiman S.T., Ph.D.,
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.