Penulis Utama : Nova Triana Adriati
NIM / NIP : B3215035
×

Laporan Tugas akhir ini membahas tentang Pengelolaan dan Pengembangan Wisata Bukit Cemara Sewu yang terletak di Desa Bunton Kecamatan Adipala Kabupaten Cilacap. Penelitian ini dilakukan guna menjawab permasalahan tentang bagaimana pengelolaan dan pengembangan wisata wisata Bukit Cemara Sewu serta kendala-kendala apa yang dihadapi dalam pengembangan wisata.
Penulisan laporan ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penulisan ini dilakukan dengan cara observasi yaitu melakukan pengamatan secara langsung di tempat penelitian, studi pustaka yaitu dilakukan dengaan cara mengumpulkan data dari buku yang berkaitan langsung dengan penelitian. Penulisan laporan disajikan secara deskriptif untuk memperoleh gambaran tentang pengelolaan dan pengembangan wisata yang ada di Wisata Bukit Cemara Sewu di Desa Bunton Kabupaten Cilacap.
Hasil penelitan menunjukan bahwa Wisata Bukit Cemara sewu memiliki potensi wisata yang berupa bukit dengan keindahan pohon cemaranya disertai dengan spot foto dengan latar belakang gunung selok yang indah atau pantai sebagai pilihannya sehingga wisatawan dapat menikmati keindahan bukit sekaligus keindahan pantai dalam satu rangkaian wisata. Tujuan dari pengelolaan dan pengembangan yang dilakukan di wisata Bukit Cemara Sewu adalah untuk meningkatkan taraf  hidup masyarakat yang ada di sekitar objek wisata. Perlu adanya tenaga ahli khususnya dalam bidang pengembanganpariwisata untuk memberikan pelatihan dan pendidikan kepada masyarakat sebagai pemberdayaan masyarakat lokal dan perlunya penyuluhan tentang sadar wisata dan konservasi sumber daya kepada masyarakat. Diharapkan objek wisata ini dapat berkembang dan dapat menjadi pariwisata berkelanjutan sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat sekitarnya.
Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah banyak potensi yang terdapat di Wisata Bukit Cemara Sewu, akan tetapi dalam pengelolaannya, masih banyak hal yang perlu diperbaiki terutama dalam hal fasilitas dan infrastruktur serta kualitas pelayanan wisata di Bukit Cemara Sewu.  Pentingnya dilakukan pengamatan tentang apa saja kekurangan dan kelebihan dari suatu objek supaya untuk kedepannya dapat dilakukan upaya-upaya dalam mengatasi kendal-kendala tersebut. Bukit Cemara Sewu memiliki ruang untuk berkembang menjadi Daya Tarik Wisata dan dapat bersaing di dunia pariwisata Kabupaten Cilacap.

 

×
Penulis Utama : Nova Triana Adriati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B3215035
Tahun : 2018
Judul : Pengelolaan dan Pengembangan Wisata Bukit Cemara Sewu sebagai Daya Tarik Wisata di Kabupaten Cilacap
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2018
Program Studi : D-3 Usaha Perjalanan Wisata
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu Budaya Prog. DIII Usaha Perjalanan Wisata-B3215035-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Umi Yuliati, S.S., M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.