Penulis Utama : Rio Hendri Prakosa
NIM / NIP : I8615036
×

MESIN PENGURAI SERAT BATANG PISANG (POROS)


Oleh : Rio Hendri Prakosa


ABSTRAK

Serat batang pisang digunakan secara luas karena keunggulan seratnya. Kegunaan   serat   batang   pisang   adalah   sebagai   bahan   baku   tali   kapal, pembungkus kabel laut, bahan tekstil, pembungkus teh celup, pembungkus tembakau, kerajinan tangan, pamper bayi, kain tenun, kertas tisu dan sebagai bahan pembuat kertas berharga. Pengembangan serat batang pisang harus didukung dengan pengembangan alat pengurai batang pisang kapasitas tinggi dengan hasil yang bagus.
Mesin pengurai serat batang pisang menggunakan motor dengan daya     HP dan  kecepatan  1430  rpm.  Mesin  pengurai  serat  batang  pisang  memiliki kapasitas 22,97 kg/jam. Poros pisau merupakan salah satu komponen penting dalam mesin pengurai serat batang pisang, komponen tersebut berfungsi untuk menopang pisau sehingga pisau dapat berputar. Tujuan perancangan poros pisau adalah agar mesin dapat beroperasi dengan baik dan aman. Dimensi poros yang digunakan pada pisau memiliki panjang 668 mm dengan diameter 25,4 mm. Material yang digunakan untuk poros tersebut adalah ST 37.
Berdasarkan pengujian mesin pengurai batang pisang dengan variasi celah antara  roller dan  pisau  pengurai  didapatkan hasil  celah 2  mm  adalah  yang terbaik. dengan berat rata-rata serat basah adalah 12,3 gram. Serat yang dihasilkan bersih, serat rata-rata utuh tidak ada yang putus dan hasil serat kering yang bagus.
Kata kunci: Batang Pisang, Serat Alam, Poros.

×
Penulis Utama : Rio Hendri Prakosa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I8615036
Tahun : 2018
Judul : Mesin Pengurai Serat Batang Pisang (Poros)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2018
Program Studi : D-3 Teknik Mesin Otomotif
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik-Prog. D3- Teknik Mesin- I8615036-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Raymundus Lulus Lambang G H, S.T., M.T
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.