Penulis Utama : Anisia Nur Indah Sari
NIM / NIP : F3115006
×

ABSTRAK


Dampak Penerapan Sistem Verifikasi Legalitas Kayu (SVLK) Terhadap

Volume Ekspor Periode 2015 – 2017 Pada CV Kayu Manis Yogyakarta

Anisia Nur Indah Sari
F3115006

 

Tujuan dari penulisan tugas akhir ini adalah untuk memperoleh gambaran mengenai  penerapan  SVLK  yang  berdampak  pada  volume  ekspor  CV  Kayu Manis, serta untuk mengidentifikasi hambatan apa saja yang dihadapi CV Kayu Manis dalam menerapkan SVLK pada kegiatan ekspornya. SVLK sendiri merupakan kebijakan pemerintah  yang bersifat  wajib bagi seluruh perusahaan industri kayu sebagai jaminan legalitas dari produk yang dihasilkan.
Metode  penelitian  yang  digunakan  yaitu  metode  kuantitatif  dan  kualitatif. Data yang digunakan merupakan data primer dan data sekunder   yang berupa volume ekspor CV Kayu Manis sebelum SVLK (2010 – 2012) dan setelah SVLK (2015 – 2017), serta hal-hal yang menghambat penerapan SVLK   di CV Kayu Manis. Data diperoleh dengan cara wawancara, observasi, dokumentasi serta studi pustaka. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif.
Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan SVLK pada
CV Kayu Manis telah memberikan dampak positif pada volume ekspor tahun
2015 – 2017  yang terus mengalami peningkatan rata-rata sebesar 15% setiap tahun. Hambatan yang dihadapi CV Kayu Manis dalam penerapan SVLK yaitu rawan terjadi penggantian pada dokumen V-Legal karena kesalahan pengisian volume ekspor didokumen tidak sama dengan volume ekspor saat stuffing, serta sering terjadi perubahan peraturan pada kebijakan SVLK. Saran yang dianjurkan yaitu sebaiknya CV Kayu Manis menerapkan suatu sistem yang mengatur mengenai pembatasan jangka waktu tambahan  order, maksimal 7 hari  setelah order pertama dilakukan  untuk  menghindari  adanya penggantian  dokumen  V- Legal,   serta   CV   Kayu   Manis   harus   lebih   aktif   lagi   dalam   mengikuti perkembangan peraturan SVLK.
Kata kunci: SVLK, Volume Ekspor, CV Kayu Manis Yogyakarta

 

×
Penulis Utama : Anisia Nur Indah Sari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3115006
Tahun : 2018
Judul : Dampak Penerapan Sistem Verifikasi Legalitas Kayu (svlk) Terhadap Volume Ekspor Periode 2015 – 2017 Pada CV Kayu Manis Yogyakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.EB - 2018
Program Studi : D-3 Bisnis Internasional
Kolasi :
Sumber : UNS-F. EB-Prog. D3. Manajemen Perdagangan-F3115006 -2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Arif Rahman Hakim, SE.,M.Ec.Dev
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.