Penulis Utama : Arum Dwiangkatri
NIM / NIP : D0113013
×

ABSTRAK


Arum Dwiangkatri. D0113013. PENGARUH PROGRAM KEMITRAAN DAN BINA LINGKUNGAN BIDANG EKONOMI, BIDANG SOSIAL DAN BIDANG LINGKUNGAN PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA (PERSERO) TBK. WITEL SOLO TERHADAP PEMBERDAYAAN MASYARAKAT. Skripsi (S-1). Program Studi Ilmu Administrasi Negara. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.
2018. 89 Halaman.

Di Indonesia masih banyak perusahaan-perusahaan  yang menghadapi kasus dengan lingkungan meskipun CSR telah ditetapkan dalam aturan yang jelas. Banyaknya kasus konflik antara perusahaan dan masyarakat di Indonesia disebabkan karena masih terdapat CSR yang tidak optimal dalam memberikan bantuan bagi pemberdayaan masyarakat. Pengoptimalan CSR dapat dilakukan dengan melakukan aksi nyata yang memberdayakan yang disebut dengan Community Development. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh PKBL bidang Ekonomi, bidang Sosial dan bidang Lingkungan terhadap Pemberdayaan  Masyarakat.  Penelitian  ini  merupakan  penelitian  kuantitatif yang digunakan untuk menguji hipotesis yang telah diajukan yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara PKBL bidang Ekonomi, bidang Sosial dan bidang Lingkungan terhadap Pemberdayaan Masyarakat dengan indikator yang sesuai dengan prinsip Triple Bottom Line dan indikator pemberdayaan masyarakat dari Edi Suharto. Populasi pada penelitian ini yaitu penerima bantuan PKBL Telkom di Tahun 2016 sebanyak 361 responden dan sample penelitian sebanyak 96 responden. Penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis linear berganda yang digunakan untuk mengetahui tingkat signifikasi dan pengaruh secara simultan dan parsial. Dari hasil analisis dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh signifikan secara simultan dan parsial antara variable Ekonomi, Sosial dan Lingkungan dengan Pemberdayaan Masyarakat. Dari hasil keseluruhan dapat disimpulkan bahwa ketiga  variabel  bebas  mempunyai  pengaruh  terhadap  Pemberdayaan Masyarakat.

Kata kunci: pengembangan masyarakat, pemberdayaan masyarakat

 

×
Penulis Utama : Arum Dwiangkatri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0113013
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) Bidang Ekonomi, Bidang Sosial dan Bidang Lingkungan PT. Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. Witel Solo Terbadap Pemberdayaan Masyarakat
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara
Kolasi :
Sumber : UNS-F. ISIP-Ilmu Adminitrasi Negara-D0113013-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sudarto, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.