Penulis Utama : Aning Fitriana
NIM / NIP : S431608004
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  pengaruh struktur kepemilikan terhadap kebijakan dividen selama periode 2010-2016. Struktur kepemilikan diproksikan kepemilikan keluarga, kepemilikan asing, kepemilikan pemerintah. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI), sedangkan sampelnya  terdiri dari 107 perusahaan dengan jumlah data observasi sebanyak 647.
 Hasil regresi berganda dari penelitian ini menunjukkan bahwa struktur kepemilikan keluarga berpengaruh negatif terhadap dividen, hal ini mengindikasikan semakin terkosentrasi kepemilikannya akan semakin rendah melakukan pembayaran dividen, pemegang kendali perusahaan di Indonesia adalah perusahaan keluarga yang mencapai 66 persen. Generasi pendiri di perusahaan berpengaruh positif terhadap kebijakan dividen sedangkan descendant dan mix generation tidak berpengaruh terhadap kebijakan dividien. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa pembayaran dividen akan lebih tinggi ketika masih dikontrol oleh founder di banding descendant, sehingga founder mampu memberikan nilai lebih bagi para pemegang saham. Kepemilikan asing dan kepemilikan pemerintah  berpengaruh positif terhadap kebijakan dividen,  hasil ini ini mampu mengurangi adanya konflik agensi di Indonesia.

 

×
Penulis Utama : Aning Fitriana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S431608004
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Struktur kepemilikan Terhadap Kebijakan Dividen (Studi pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2016)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : S-2 Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-Prodi Magister Akuntansi-S431608004-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Falikhatun, M.Si.. Ak., CA., SAS
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.