Penulis Utama : Doni Setyawan
NIM / NIP : F3115021
×

ABSTRAKSI

Peran Freight Forwarding Dalam Mengatasi Permasalahan Peralihan Shipment
dari By Sea ke By Air (Studi Kasus di PT.SUNLLOYD Semarang)

Doni Setyawan
F3115021

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penemuan studi lapangan bahwa terdapat permasalahan tentang peralihan shipment dari By Sea ke By Air. Dibutuhkan   peran   freight   forwarding   dalam   menyelesaikan   permasalahan peralihan shipmet dari By Sea ke By Air ini. PT.SUNLLOYD adalah perusahaan yang bergerak dibidang ekspor impor yang menawarkan jasa custome cleareance, warehousing,  trucking,  pengurusan  Full  Container  Load  (FCL)  dan  Loss Container Load (LCL) yang berkewajiban menyelesaikan permasalahan ini.
Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui   peran yang dilakukan oleh Freight Forwarding dalam mengatasi permasalahan peralihan shipment dari By Sea ke By Air beserta penyebab terjadinya peralihan shipment dan perbandingan biaya jika menggunakan By Sea dengan Menggunakan By Air. Metodologi yang digunakan  dalam  penelitian  ini     menggunakan  metode  deskriptif  mengenai gambara  umum  peran  yang dilakukan oleh  PT.SUNLLOYD dalam  mengatasi permasalahan Peralihan Shipment dari By Sea ke By Air.
Hasil penelitian ini meliputi penyebab peralihan shipment yaitu pengunduran jadwal kapal yang dilakukan oleh perusahaan pelayaran sehingga pihak importir yaitu MAKALOT INDUSTRIAL, CO.LTD meminta kepada PT.Glory Industrial Semarang selaku eksportir untuk mengalihkan pengiriman melalui By Air karena barang tersebut sudah ditunggu oleh importir. Peran yang dilakukan oleh PT.SUNLLOYD dalam mengatasi permasalahan ini antaralain mencari trucking untuk mengangkut barang dari gudang eksportir ke gudang konsolidator dan sebaliknya dari gudang konsolidator ke gudang eksportir serta membawa barang dari gudang eksportir ke bandara Soekarno Hatta, melakukan pembatalan Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB), mengeluarkan barang dari gudang konsolidator dan membawanya ke gudang eksportir serta melakukan fiat dan melakukan BAP di Bea dan Cukai kawasan Berikat

Kata Kunci: Ekspor, Shipment, Permasalahan ekspor, peran Freight Forwarding

 

×
Penulis Utama : Doni Setyawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3115021
Tahun : 2018
Judul : “Peranan Freight Forwarding Dalam Mengatasi Permasalahan Peralihan Shipment Dari By Sea Ke By Air” (Studi Kasus Di Pt Sunlloyd)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.EB - 2018
Program Studi : D-3 Bisnis Internasional
Kolasi :
Sumber : UNS-F. EB-Prog. D3. Manajemen Perdagangan-F3115021 -2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Mulyadi, SE,M.Ec.Dev
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.