Penulis Utama : Ega Arini Perwitosari
NIM / NIP : G0114037
×

PENGARUH MENDONGENG TERHADAP PENURUNAN KECEMASAN PADA ANAK PENDERITA KANKER DI RSUD DR. MOEWARDI SURAKARTA

Ega Arini Perwitosari (G0114037) Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta


ABSTRAK


Salah satu penyakit yang menyebabkan anak dirawat di rumah sakit adalah kanker. Berdasarkan data penelitian internasional yang dilakukan oleh International Agency for Research on Cancer, pada tahun 2001-2010 penyakit kanker pada anak meningkat sebanyak 13%. Kecemasan merupakan salah satu gejala yang paling sering dialami oleh anak yang menderita kanker. Kecemasan pada anak yang terus meningkat memiliki dampak negatif pada proses penyembuhan, kesehatan psikologis, perkembangan perilaku, kognitif, emosional, dan akademis. Mendongeng merupakan salah satu cara untuk menurunkan kecemasan anak penderita kanker. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh mendongeng untuk menurunkan kecemasan anak yang menderita kanker.
Subjek dalam penelitian ini satu anak yang menderita leukimia.. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen kasus tunggal desain A-B dengan mengukur kondisi subjek pada fase baseline selama 3 hari dan fase intervensi selama 3 hari. Metode pengumpulan data yaitu dengan menggunakan observasi perilaku kecemasan. Analisa data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dengan analisis kuantitatif meliputi analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi dan analisis kualitatif.
Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, dapat dinyatakan bahwa mendongeng memiliki pengaruh terhadap penurunan kecemasan pada anak penderita kanker. Penurunan kecemasan tersebut meliputi penurunan intensitas perilaku pada setiap aspek kecemasan yaitu aspek fisiologis, kognitif, afektif, dan perilaku. Dengan mendongeng, anak-anak menjadi lebih nyaman, rileks, mampu mengembangkan kemampuan koping, dan mengalihkan fokus pada emosi negatif menjadi lebih positif. Penelitian ini memiliki kesimpulan bahwa terdapat pengaruh mendongeng terhadap penurunan kecemasan pada anak penderita kanker di RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Maka direkomendasikan untuk pihak rumah sakit maupun orang tua dari anak penderita kanker memberikan kegiatan mendongeng di rumah sakit maupun di rumah sebagai alternatif bermain.

Kata Kunci     : mendongeng, kecemasan, anak penderita kanker

 

×
Penulis Utama : Ega Arini Perwitosari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0114037
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Mendongeng Terhadap Penurunan Kecemasan pada Anak Penderita Kanker di RSUD dr. Moewardi Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2018
Program Studi : S-1 Psikologi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran-Prog. Psiklogi-G0114037-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Suci Murti Karini, M.Si., Psikolog
2. Berliana Widi Scarvanovi, S.Psi., M.Psi., Psikolog
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.