Penulis Utama : Avikasari
NIM / NIP : S031602004
×

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kebutuhan guru dan siswa terhadap bahan ajar IPA berbasis science literacy untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar; (2) mendeskripsikan pengembangan bahan ajar IPA berbasis science literacy untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar; (3) mengetahui keefektifan bahan ajar IPA berbasis science literacy untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan untuk mengembangkan produk bahan ajar IPA berbasis science literacy. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, data dokumen, dan tes. Sampel dalam penelitian ini dipilih dengan teknik random sampling. Data dalam penelitian ini di analisis menggunakan uji t non-independent pada tahap pengembangan dan uji t independent pada tahap pengujian.
Hasil penelitian ini adalah: (1) analisis kebutuhan pengembangan bahan ajar yang telah dilakukan dalam penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar IPA berbasis science literacy dirasa sangat penting untuk dikembangkan menurut guru dan siswa kelas IV sekolah dasar, karena dari hasil wawancara yang telah dilakukan membuktikan bahwa bahan ajar yang digunakan belum mampu menyampaikan konsep IPA pada siswa dan belum bermuatan literasi sains; (2) pada uji terbatas memperoleh masukan dari guru dan siswa tentang produk. Uji t non-independent pada uji luas memperoleh signifikansi 0,000 (<0>

 

×
Penulis Utama : Avikasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S031602004
Tahun : 2018
Judul : Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Science Literacy Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar (Studi Pengembangan pada Siswa Kelas IV SD Negeri Se-Kecamatan Gunungpati Kota Semarang Tahun Ajaran 2017/ 2018)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : S-2 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-Prodi PGSD-S031602004-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Rukayah, M.Hum
2. Dr. Mintasih Indriayu, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.