Penulis Utama : Lia Diniya
NIM / NIP : D111502
×

ABSTRAK

LIA  DINIYA,  D1115020,  Aksesibilitas  Fasilitas  Batik  Solo  Trans  Bagi Difabel Di Kota Surakarta, Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas  Ilmu  Sosial  Dan  Politik  Universitas  Sebelas  Maret,  2018.  91
Halaman.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat aksesibilitas fasilitas batik solo trans
bagi difabel di kota Surakarta.
Dalam  penelitian  ini  menggunakan  metode  deskriptif  kualitatif  yaitu dengan memaparkan Aksesibilitas Fasilitas Batik Solo Trans Bagi Difabel di Kota Surakarta yang dituangkan dalam bentuk kalimat-kalimat dan berdasarkan fakta- fakta. Sumber data berupa informan, data atau dokumen. Teknik pengumpulan data yakni dengan Interview dan mencatat dokumen. Aspek yang dianalisis adalah aksesibel atau tidaknya fasilitas yang disediakan   diakses oleh difabel di kota Surakarta. Validitas data dengan menggunakan trianggulasi metode dengan mengumpulkan data menggunakan metode yang berbeda, yakni melalui informan dan data. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Aksesibilitas Fasilitas Batik Solo Trans di Kota Surakarta yang dilihat dari pemenuhan hak atas memperoleh kesempatan  yang  sama  sudah  aksesibel,  hal  ini  di  tunjukan  dengan  adanya fasilitas-fasilitas  yang  disediakan  bisa  digunakan  untuk  difabel  seperti  shelter yang telah di lengkapi dengan ramp, handrailing, serta kursi prioritas di dalam bus.  Melalui  penelitian  ini  diketahui  bahwa  ketidaknyamanan  aksesibilitas fasilitas Batik Solo Trans terjadi karena ketidaksesuaian antara kondisi yang ada di lapang tentang kelandaian ramp, handail, keluasan ruang shelter, serta kursi prioritas, dengan apa yang menjadi kriteria ideal sebuah fasilitas yang mudah diakses penyandang disabilitas.

Kata Kunci : Aksesibilitas, Fasilitas, Batik Solo Trans, Difabel.

 

×
Penulis Utama : Lia Diniya
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D111502
Tahun : 2018
Judul : Aksesibilitas Fasilitas Batik Solo Trans Bagi Difabel Di Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2018
Program Studi : S-1 Administrasi Negara Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-F. ISIP-Ilmu Adminitrasi Negara-D111502-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra.Retno Suryawati, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.