Penulis Utama : Lianggi Agustina
NIM / NIP : D0114072
×

ABSTRAK

 

Lianggi Agustina. D0114072. Implementasi Strategi Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga dalam Mengembangkan Pariwisata di Kabupaten Klaten. Skripsi. Ilmu Administrasi Negara. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Universitas Sebelas Maret. Surakarta. 2018.

 

Sektor pariwisata merupakan salah satu sektor penyumbang pendapatan asli daerah. Namun pada tahun 2017, secara statistik kunjungan wisatawan di Kabupaten Klaten terdapat laju penurunan wisatawan yang berdampak pada tidak tercapainya target PAD. Berbagai permasalahan yang menjadi penyebab adalah kurangnya promosi dan masih buruknya pemeliharaan obyek wisata. Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga memiliki strategi dalam mengembangkan pariwisata di Kabupaten Klaten yang tertuang dalam rencana strategis tahun 2016-2021 yakni strategi Meningkatkan dan Mengembangkan Potensi  Pariwisata yang Berbasis Kelestarian Lingkungan Hidup dan Kerjasama Lintas Sektor dan Daerah Guna Peningkatan Pendapatan Asli Daerah.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi strategi Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga dalam Mengembangkan Pariwisata di Kabupaten Klaten.

Peneliti menggunakan 3 tahapan yang terkandung dalam teori Hunger dan Wheelen yakni program, anggaran dan prosedur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik penentuan informan menggunakan purposive sampling dengan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi metode dan teknik analisis data menggunakan analisis interaktif.

Berdasarkan   dari   penelitian   dan   pembahasan   yang   telah   dilakukan ditemukan   bahwa ke 3 tahapan implementasi strategi tersebut berjalan dengan baik.  Hal  ini  dilihat  dari  berbagai  kegiatan  di  program  pengembangan  obyek wisata   dan   program   pengembangan   pemasaran   pariwisata   berjalan   sesuai program, anggaran yang ada dan prosedur yang dipatuhi. Meskipun begitu, masih terdapat kendala  yakni  kurangnya pengawasan  dalam hal pemeliharaan  obyek wisata serta minimnya dana dalam pemeliharaan obyek wisata dan pembinaan kelompok sadar wisata.

Kata Kunci: Implementasi Strategi, Pengembangan, Pariwisata

×
Penulis Utama : Lianggi Agustina
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0114072
Tahun : 2018
Judul : Implementasi Strategi Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga dalam Mengembangkan Pariwisata di Kabupaten Klaten. Skripsi. Ilmu Administrasi Negara. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Universitas Sebelas Maret. Surakarta. 2018.
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara
Kolasi :
Sumber : UNS-F. ISIP-Ilmu Adminitrasi Negara-D0114072-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Kristina Setyowati, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.