Penulis Utama : Maulidika Gusti Pramono Jati
NIM / NIP : F3115043
×

ABSTRAK

SIMULASI BIAYA PENYELESAIAN KASUS PENGIRIMAN KONTAINER BERSTATUS GAGAL EKSPOR
(Studi Kasus di PT SUNLLOYD, SEMARANG)

MAULIDIKA GUSTI PRAMONO JATI F3115043

Penelitian ini dilatar belakangi oleh penemuan studi lapangan bahwa terjadi pengiriman kontainer berstatus gagal ekspor yang seharusnya tidak dimuat ke atas kapal tetapi yang terjadi kontainer termuat hingga tiba di pelabuhan transit (Singapura). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan biaya yang  dikeluarkan  untuk  menyelesaikan  kasus  pengiriman  kontainer  berstatus gagal ekspor di pelabuhan transit (Singapura) dan di Indonesia. Penulis juga menjelaskan kronologi dari kontainer berstatus gagal ekspor lolos pengiriman dan langkah-langkah penyelesaiannya.

Metode analisis data  yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif yaitu penulis mendeskripsikan data-data dan fakta yang ditemukan selama penelitian. Dari informasi-informasi yang telah didapat kemudian dirangkum dan disusun secara naratif agar menjadi sebuah informasi dasar yang digunakan sebagai evaluasi dan masukan. Metode lain yang digunakan penulis  adalah  metode  analisis  data komparatif  yaitu  penulis  membandingkan hasil perhitungan biaya dalam penyelesaian kasus kontainer gagal ekspor di pelabuhan transit (Singapura) dan di Indonesia. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder.

Hasil   penelitian   ini   adalah   diketahuinya   perbandingan   biaya   yang dikeluarkan untuk menyelesaikan kontainer gagal ekspor di pelabuhan transit (Singapura) dan di Indonesia serta memberikan masukan untuk dijadikan evaluasi bagi PT SUNLLOYD. Saran yang diberikan diantaranya harus tetap dilakukan pengawasan atau kontrol terhadap kontainer ekspor meskipun sudah beralih ke pihak lain, melakukan pemberian informasi mengenai tata laksana ekspor Kayu Secang yang diperbolehkan menurut aturan yang berlaku di Indonesia dan saran terakhir  yaitu  membuat  komponen  tambahan  pada  kontrak  dagang  sehingga apabila   terjadi   permasalahan   yang   tidak   disebabkan   oleh   pihak   Freight Forwarding biaya penyelesaian dapat ditanggung keduanya agar tidak ada pihak yang dirugikan.

Kata kunci : Kontainer gagal ekspor, Lolos pengiriman, Perbandingan Biaya

 

×
Penulis Utama : Maulidika Gusti Pramono Jati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3115043
Tahun : 2018
Judul : Simulasi Biaya Penyelesaian Kasus Pengiriman Kontainer Berstatus Gagal Ekspor (Studi Kasus di PT Sunlloyd Semarang)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.EB - 2018
Program Studi : D-3 Bisnis Internasional
Kolasi :
Sumber : UNS-F. EB-Prog. D3- Manajemen Perdagangan-F3115043-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Mulyadi, SE, M.Ec.Dev
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.