Penulis Utama : Linggar Dyah Satriyani
NIM / NIP : K1214032
×

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan: (1) struktur novel Kenanga karya Oka Rusmini; (2) bentuk ketidakadilan gender yang dialami tokoh perempuan dalam novel Kenanga karya Oka Rusmini; (3) bentuk pemberontakan budaya tokoh perempuan dalam novel Kenanga karya Oka Rusmini; (4) relevansi novel Kenanga sebagai bahan ajar bahasa Indonesia di SMA.
Penelitian ini menggunakan pendekatan feminisme sastra. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yaitu data yang dikumpulkan akan berwujud kata-kata dalam kalimat yang mempunyai arti lebih dari sekedar angka atau jumlah yang bertujuan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan apa yang menjadi masalah, menganalisisnya, dan menafsirkan data yang ada. Teknik pengambilan subjek penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik ini dilakukan dengan pengambilan data baik dengan wawancara kepada guru, siswa, dan juga mengambil dokumen tentang novel-novel karya Oka Rusmini yang dapat mendukung data penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara wawancara dan analisis dokumen. Analisis data dilakukan dengan cara membaca berulang-ulang novel Kenanga karya Oka Rusmini dan diimbangi dengan membaca artikel yang berkaitan dengan kajian feminisme sastra, serta buku-buku lain yang menunjang penelitian ini. Teknik validasi data menggunakan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan teknis analisis mengalir.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) struktur novel Kenanga karya Oka Rusmini mengandung unsur tema perempuan dan subtema perjuangan seorang perempuan Bali, alur campuran, tokoh dan penokohan, latar atau setting, dan amanat; (2) bentuk ketidakadilan gender dalam novel Kenanga karya Oka Rusmini adalah dalam bentuk penentuan dan pemilihan jalan hidup seorang perempuan yang harus sesuai dengan adat Bali; (3) bentuk pemberontakan budaya yang dilakukan tokoh perempuan dalam novel Kenanga karya Oka Rusmini berupa keinginan untuk hidup bebas tanpa terikat aturan adat dan budaya dengan cara tidak menikah; (4) terdapat relevansi novel Kenanga karya Oka Rusmini sebagai bahan ajar bahasa Indonesia di SMA sesuai dengan Kompetensi Dasar (KD) novel pada kurikulum 2013 yaitu tentang apresiasi novel.

 

×
Penulis Utama : Linggar Dyah Satriyani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1214032
Tahun : 2018
Judul : Kajian Feminisme Novel Kenanga Karya Oka Rusmini Dan Relevansinya Dengan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Di SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Prodi Pendidikan Bahasa indonesia-K1214032-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Suyitno, M.Pd
2. Chafit Ulya, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.