Penulis Utama : Woro Dyasti Prameswari
NIM / NIP : K1214061
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan (1) unsur struktural dalam  novel Bekisar Merah karya Ahmad Tohari, (2) latar belakang sosial dan budaya novel Bekisar Merah karya Ahmad Tohari, (3) pandangan dunia pengarang dalam novel Bekisar Merah karya Ahmad Tohari, (4) relevansi kajian dengan pembelajaran bahasa Indonesia pada materi memahami unsur-unsur pembangun karya sastra novel di Sekolah Menengah Atas.
Penelitian ini berbentuk deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan strukturalisme genetik. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Sumber data adalah novel Bekisar Merah, hasil wawancara dengan  dosen  Fakultas Ilmu Budaya UNS, guru beserta siswa SMA Negeri 2 Surakarta, dan artikel-artikel dari internet. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik analisis dokumen dan wawancara mendalam. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan (1) adanya keterjalinan unsur-unsur baik itu tema, tokoh penokohan, alur, setting atau latar, maupun sudut pandang atau point of view, (2) latar belakang sosial dan budaya yang ada dalam novel Bekisar Merah terdapat persamaan antara apa yang diceritakan dalam novel dengan fakta yang terjadi di kalangan masyarakat khususnya masyarakat yang bekerja sebagai penderes nira (3) pandangan dunia Ahmad Tohari dalam novel Bekisar Merah  adalah pandangan humanisme sosial dan realitas sosial, juga adanya pandangan religius, pandangan politik, pandangan gender, dan pandangan sosial, dan (4) novel Bekisar Merah cocok dijadikan sebagai materi pembelajaran sastra di SMA. Hal ini dibuktikan dengan terdapatnya pesan-pesan moral serta nilai-nilai pendidikan yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, kelayakan novel ini juga dibuktikan dengan adanya kesesuaian kriteria pemilihan materi ajar dengan yang ada di dalam novel.

 

×
Penulis Utama : Woro Dyasti Prameswari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1214061
Tahun : 2018
Judul : Analisis Strukturalisme Genetik Novel Bekisar Merah Karya Ahmad Tohari Dan Relevansinya Sebagai Materi Pembelajaran Sastra di SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Prodi Pendidikan Bahasa indonesia-K1214018-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Herman J. Waluyo, M.Pd.,
2. Budi Waluyo, S.S, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.