Penulis Utama : Destik Tri Susilo
NIM / NIP : D0114032
×

ABSTRAK

Kabupaten Karanganyar merupakan salah satu daerah yang memiliki banyak potensi wisata,Kabupaten Karanganyar terletak dilereng Gunung Lawu disisi sebelah barat atau disebelah timur kota Solo dengan keindahan pemandangan alamnya. Kabupaten Karanganyar memiliki potensi pengembangan pariwisata yang sangat tinggi, terutama di bidang  wisata alam dan sejenisnya. Kegiatan bidang pariwisata pada hakekatnya merupakan usaha ekonomi produktif, sehingga produk yang akan diajukan harus merupakan komoditas yang laku dan diminati serta digemari pengunjung, agar wisatawan memilih berkunjung lebih lama di Kabupaten Karanganyar. Adapun kondisi yang diinginkan ialah meningkatkan daya tarik wisatawan ,sehubungan dengan hal tersebut maka dipandang perlu untuk menyusun rencana strategis sebagai pedoman dan acuan kerja. Tujuan perlu dibuatnya Rencana Strategis (Renstra) karena Renstra Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karanganyar akan berakhir pada tahun 2018 dan dipergunakan untuk meningkatkan kemungkinan pencapaian tujuan-tujuan di waktu yang akan datang.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Perencanaan Strategis Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Karanganyar dalam Peningkatan Wisatawan. Metode Penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian deskriptif kualitatif dengan tehnik pengumpulan data  menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari informan-informan yang dianggap mengetahui informasi dan mengetahui permasalahan serta dari dokumen dan arsip. Tehnik pengambilan sampel dilakukan menggunakan purposive sampling.Tehnik analisis data menggunakan tehnik analisis SWOT dan Tes Litmus.
Hasil dari penelitian ini yaitu, diketahui terdapat 4 isu yang sangat strategis dan 6 isu yang cukup strategis yang dihadapi oleh Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga dalam peningkatan wisatawan di Kabupaten Karanganyar yang diperoleh dari Kekuatan dan Peluang maka strategi yang dapat dilakukan oleh Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke kabupaten karanganyar yaitu  Program kerjasama pemasaran pariwisata, Program pengelolaan dan pengembangan destinasi wisata baru, Program pengembangan dan pengelolahan kekayaan alam dan budaya, Program pengembangan daya tarik wisatawan.

Kata Kunci : Pariwisata, Wisatawan, Perencanaan Strategis

 

×
Penulis Utama : Destik Tri Susilo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0114032
Tahun : 2018
Judul : Perencanaan Strategis Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga dalam Peningkatan Wisatawan di Kabupaten Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP-Jur. Ilmu Administrasi Negara-D0114032-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Marsudi, M.S.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.